Jokowi Resmikan Palapa Ring, Hubungkan 514 Kabupaten dan Kota

Telset.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Proyek Palapa Ring atau Tol Langit. Proyek infrastruktur telekomunikasi tersebut akan menghubungkan 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Pemerintah menyadari adanya ketimpangan daerah mengenai jaringan telekomunikasi. Pasalnya tidak semua daerah Indonesia dapat mengakses internet dengan maksimal, seperti Jakarta ataupun kota-kota lain di pulau Jawa.

{Baca juga: Besok Jokowi Resmikan “Tol Langit”, Menkominfo: Saya Gak Tahu}

“Beberapa tahun pemerintah menyadari ketimpangan daerah dan hampir semua daerah. Ada yang kenceng ada yg lemah. Ini benar saya alami. bahkan ada yang blank,” kata Jokowi di Istana Negara pada Senin (14/10/2019).

Hal ini terjadi karena jaringan infrastruktur yang kurang. Presiden yang sering berkunjung ke pelosok Indonesia bercerita, jika selama ini masyarakat harus mendekati Tower BTS untuk mengirimkan pesan singkat (SMS) atau WhatsApp.

“Jangankan ngirim, video atau gambar tapi ngirim teks sangat lambat. Itupun harus mendekatkan ke Tower BTS. Disebutnya pohon SMS. Mungkin sekarang pohon WhatsApp,” ujarnya.

Namun saat ini Tol Langit telah selesai dibangun. Infrastruktur telekomunikasi tersebut berhasil diresmikan usai Proyek Palapa Ring Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur selesai pembangunannya selesai.

“Paket Barat dan Tengah telah selesai. Kemudian Paket Timur juga pada Agustus ini telah selesai,” tutur Jokowi.

Jokowi pun berharap agar Tol Langit dapat diimplementasikan dengan maksimal oleh masyarakat dan pemerintah. Pasalnya proyek tersebut telah menghubungkan 514 Kabupaten dan Kota di tanah air.

“Saya resmikan dan operasikan Palapa Ring yang menghubungkan 514 kabupaten kota di Indonesia. Terimakasih,” terimakasih.

{Baca juga: Presiden Jokowi Tunda Peresmian Proyek “Tol Langit”}

Usai melakukan peresmian Jokowi pun melakukan video conference dari Kota Merauke, Kota Sorong, Kabupaten Rote Ndau, Kabupaten Penajam Passer Utara dan Kota Sabang. Hasilnya Jokowi berhasil melakukan dialog dengan mereka secara lancar. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI