Susul Telkomsel dan Indosat, XL Siap Gelar ULO 5G

Telset.id, Jakarta – XL Axiata tampaknya ingin menyusul Telkomsel dan Indosat dalam menggelar 5G di Indonesia. Saat ini XL Axiata sedang melakukan persiapan untuk melakukan Uji Laik Operasi (ULO) teknologi 5G.

Menurut Head Strategic Operation and Automation XL Axiata Ahmad Hamzah, XL Axiata sedang mempersiapkan ULO 5G agar dapat menghadirkan jaringan 5G di Tanah Air. Tidak hanya itu ULO 5G juga bagian dari rencana XL setelah tahun lalu melakukan uji coba 5G.

“Kalau mengenai jaringan 5G di kita (XL Axiata), tahun kemarin kita sudah testing dan tahun ini kita siap-siap ULO karena XL Axiata serius dalam hal melakukan ULO,” ujar Hamzah dalam konferensi pers pada Senin (28/6/2021).

Baca juga: XL Axiata Siap Layani Pelancong yang Mau “Work From Bali”

Lebih lanjut Hamzah juga menjelaskan bahwa XL menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS), untuk penerapan jaringan 5G. Teknologi DSS memungkinkan XL untuk menghadirkan 5G dengan memakai spektrum yang dimiliki XL Axiata.

Melalui teknologi DSS, XL Axiata dapat memanfaatkan spektrum yang sama untuk menggelar jaringan 4G dan 5G.

“Kita gunakan teknologi 5G yang sekarang adalah yaitus Dynamic Spectrum Sharing (DSS), sehingga kita dapat memakai spektrum yang sekarang untuk berbagi dengan layanan 5G,” tambah Hamzah.

Teknologi DSS sendiri sudah diuji coba pada tahun 2020 lalu. Hamzah menuturkan bahwa berdasarkan hasil uji coba kecepatan internet 5G XL berhasil mencapai 170 Mbps sampai 200 Mbps dengan latensi sampai 10 milisecond.

Baca juga: Jaringan XL Axiata “Manteng” Terus Sepanjang Pantura

“Menurut hasil tes kemarin kecepatannya mencapai 170 Mbps sampai 200 Mbps dengan latensi sekitar 10 milisecond,” ungkap Hamzah.

Susul Telkomsel dan Indosat

ULO 5G XL

ULO 5G merupakan salah satu tahapan yang harus dilewati XL jika ingin menggelar 5G secara komersil. Nantinya jika dalam ULO 5G, operator dinyatakan laik operasi maka Kominfo akan memberikan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO), kepada XL.

Semoga saja XL dapat segera mendapatkan SKLO 5G agar nantinya dapat menyusul Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Sekedar informasi bahwa Telkomsel dan Indosat telah menjadi operator yang menggelar 5G secara komersi di Indonesia.

Telkomsel resmi menggelar 5G  pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021. Pada awal peluncurannya Telkomsel menghadirkan layanan 5G di 26 kluster yang tersebar di 9 kota di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel Resmi Gelar Layanan 5G di Indonesia, Tahap Awal di 9 Kota

Lalu Indosat Ooredoo menyusul pada Selasa 22 Juni 2021 resmi menggelar 5G secara komersial. Peluncuran 5G Indosat dilakukan di Kota Solo dan pada tahap awal layanan 5G Indosat hadir di Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar dan Balikpapan. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0