Jaringan XL Axiata “Manteng” Terus Sepanjang Pantura

Telset.id – Pemerintah memang sudah mengeluarkan larangan mudik dari tanggal 6 sampai 17 Mei 2021. Namun, tetap saja XL Axiata terus meningkatkan jaringan mereka untuk menghadapi masa libur lebaran ini.

Bukan apa-apa, operator ini memprediksikan akan tetap ada kenaikan trafik juga pada masa itu. Setidaknya akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20% saat masuk di masa libur Lebaran.

Semua itu belajar dari tahun lalu juga. Di mana, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat.

{Baca juga: Rekomendasi Paket Internet XL Ramadan dan Lebaran 2021}

Kondisi itu juga yang membuat Telset bersama tim coba menjajal jaringan XL Axiata di sepanjang jalur Pantai Utara atau Pantura. Jalur ini menjadi jalur favorit masyarakat untuk mudik karena memang sudah ada jalan tol yang mempersingkat perjalanan.

Ada pun kota-kota yang tim Telset lalui untuk pengujian jaringan operator ini adalah Cirebon, Semarang, Solo dan Yogyakarta. Kenapa ketiga kota ini? Alasan pertama, Crebon menjadi kota yang kemungkinan besar akan disambangi ketika jalur pantura ini padat.

Masyarakat yang mudik, mungkin masih jauh untuk sampai tujuan mudiknya dan membutuhkan istirahat. Dan kota ini menjadi salah satu yang menjadi tempat beristirahat.

Semarang, ini adalah salah satu kota yang membelah arus masyarakat yang mudik. Ada yang melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur dan ada juga yang menyebar di Jawa Tengah sendiri. Jadi, jaringan di kota ini pun harus tetap optimal saat mudik.

Solo dan Yogyakarta, kedua kota ini banyak diminati para pemudik. Bukan hanya yang memang pulang kampung nya ke kedua kota ini, tetapi juga masyarakat yang wisata atau sekedar singgah dalam perjalanan mudiknya.

Proses Uji Jaringan XL Axiata

Uji jaringan XL Axiata
Proses uji jaringan XL Axiata

Dalam uji jaringan XL Axiata ini, tim Telset menggunakan tiga aplikasi pendukung selain juga mencoba beberapa platform yang kiranya banyak akan diakses oleh pemudik saat dalam perjalanan.

Aplikasi pendukung itu adalah OpenSignal, SpeedTest, dan Network Cell Info. Sedangkan platform yang kami uji dalam perjalanan ini adalah menonton video Youtube dan bermain game.

Sedangkan untuk perangkat yang digunakan dalam uji jaringan ini adalah Samsung Galaxy S21. Yang memiliki layar Dynamic AMOLED 2X FHD+ berukuran 6,2 inci dengan frame rate hingga 120Hz, RAM 8GB LPDDR5, dan baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Masalah baterai ini penting karena dalam proses pengujian dilakukan seharian penuh. Dan akan sangat repot jika tidak didukung oleh baterai yang mumpuni. Selama pengujian, terbukti smartphone ini mampu bertahan dari pagi hari sampai malam hari dan tidak perlu repot mengisi baterai saat perjalanan.

Uji Jaringan XL Axiata di Jalan Tol

uji jaringan xl
Jalan Tol Semarang – Solo

Untuk uji jaringan XL Axiata di jalan tol, yang pertama kali kami uji adalah jalur Cikopo Palimanan atau sering disebut dengan Tol Cipali. Hasil pengujian menggunakan aplikasi OpenSignal, untuk uji kecepatan, waktu unduh mencapai 39,2 Mbps, waktu unggah 12 Mbps, dan Latensi nya 22 ms.

Sedangkan hasil uji video resolusi HD memakan waktu 16 detik. Hasilnya kecepatan pemuatannya 0.6 detik, tidak ada buffering dan kualitas pemutarannya 96,3%. Pencapaian ini sangat memuaskan.

Uji Jaringan XL Axiata

Bagaimana dengan hasil uji menggunakan Aplikasi SpeedTest dan Network Cell Info? Untuk waktu unduh menggunakan aplikasi SpeedTest mencapai 20,7 Mbps dan waktu menggunggah mencapai 19,9 Mbps.

Sedangkan pengujian menggunakan Network Cell Info waktu unduh atau download mencapai 4,5 Mbps dan waktu unggah mencapai 3,1 Mbps.

Uji jaringan XL Axiata

Selanjutnya untuk jalur Tol Trans Jawa ini, kami menguji juga di Rest Area KM 379 Jalan Tol Semarang Batang. Hasil uji coba menggunakan Aplikasi OpenSignal, untuk kecepatan mengunduh mencapai 67,7 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 13,7 Mbps.

{Baca juga: Paket Internet XL Terbaru 2021, Daftar Harga dan Rekomendasi}

Sedangkan untuk hasil uji video dengan resolusi HD kecepatan pemuatannya hanya 0,6 detik saja, tanpa buffering dan pemutarannya mencapai 96,1%.

Uji Jaringan XL Axiata di Pantura

Pengujian menggunakan aplikasi SpeedTest dan Network Cell Info, hasil nya juga tidak mengecewakan.

Untuk kecepatan mengunduh menggunakan Speed Test mencapai 79,5 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 14,3 Mbps. Sedangkan, ketika diuji menggunakan Network Cell Info mencapai 41,1 Mbps dan mengunggahnya mencapai 11,0 Mbps.

uji jaringan XL di Pantura

Lanjut perjalanan melalui jalur Tol Semarang-Solo. Hasil uji coba menggunakan Aplikasi OpenSignal, untuk kecepatan mengunduh mencapai 47,7 Mbps, kecepatan mengunggah mencapai 6,46 Mbps dan latensinya 44 ms.

Sedangkan untuk hasil uji video dengan resolusi HD kecepatan pemuatannya hanya 0,6 detik saja, tanpa buffering dan pemutarannya mencapai 96,2%.

Uji Jaringan XL Axiata di Pantura Jawa

Pada pengujian jaringan XL Axiata di Tol Semarang – Solo menggunakan aplikasi SpeedTest dan Network Cell Info, hasilnya juga tidak mengecewakan.

Untuk kecepatan mengunduh menggunakan Speedtest mencapai 41,6 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 20,8 Mbps. Sedangkan, ketika diuji menggunakan Network Cell Info mencapai 16,8 Mbps dan mengunggahnya mencapai 13,9 Mbps.

uji jaringan XL di Pantura Jawa

Nah, saat perjalanan pulang kearah Jakarta, kami mampir di Rest Area KM 260B Heritage-Banjaratma tepatnya di ruas Tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sekalian untuk istirahat dan membeli bahan bakar.

Rest area ini layak dikunjungi karena unik, jadi kami menyakini juga area ini akan menjadi favorit para pemudik.

Kompleks seluas 10,6 hektar ini, dulu adalah Parbik Gula Banjaratma dengan bangunan utama seluas 1,4 hektar. Arsitektur aslinya banyak yang dipertahankan.

Tumpukan batu bata berwarna merah yang menjadi dasar dinding bangunan membuat kesan artistic menjadi daya tarik sendiri. Baik pada bangunan utama maupun masjid yang ada di era itu. Pokoknya Instagramable deh.

{Baca juga: Pendapatan Naik, Laba XL Axiata Justru Menurun di 2020}

Lalu, bagaimana kondisi jaringan XL Axiata di area ini? Untuk pengujian menggunakan OpenSignal, kecepatan mengunduh di area ini 3,32 Mbps, kecepatan mengunggah 12,7 Mbps dengan latensi 34 ms.

Mengenai hasil uji video dengan kualitas HD menggunakan OpenSignal, kecepatan pemuatan video hanya membutuhkan waktu 5,5 detik, tanpa buffering dan pemutaran 73,3%. Total durasi pengujian 20,9 detik.

uji jaringan XL di Pantura Jawa

Berlanjut dengan SpeedTest. Berdasarkan hasil uji jaringan XL Axiata menggunakan aplikasi SpeedTest, kecepatan mengunduh mencapai 42,4 Mbps dan mengunggah mencapai 20,2 Mbps.

Sedangkan pengujian menggunakan Network Cell Info, waktu mengunduh ata download mencapai 2,1 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 14,0 Mbps.

Saat digunakan untuk bermain games PUBG Mobile maupun memutar video streaming, semua nya berjalan lancar tanpa ada lag.

uji jaringan xl axiata di pantura jawa

Uji Jaringan di Kota Cirebon

uji jaringan XL Axiata di Pantura Jawa
Kota Cirebon

Kota Cirebon salah satu kota yang tim kami sambangi dalam uji jaringan kali ini. Kota dipesisir pantai yang berjarak sekitar 220,2 km dari Jakarta jika ditempuh menggunakan Tol Trans Jawa ini sering kali menjadi kota singgah bagi para pemudik.

Maklum saja, jarang yang lumayan jauh itu, kalau tidak bawa supir cadangan akan terasa melelahkan juga.

Di kota Cirebon ini, kami menyempatkan bertandang ke Alun-Alun Kejaksaan. Lapangan luas yang dulu nya hanya hamparan rumput saja, kini sudah selesai revitalisasinya dan akan semakin disempurnakan dengan spot-spot instagramable.

Bangunan di area ini dibangun menggunakan batu bata merah yang terinspirasi dari gapura atau Candi Bentar.

Dengan wajah barunya ini, Alun-Alun Kejaksaan Kota Cirebon menjadi tempat masyarakat sekitar untuk melakukan ngabuburit sebelum berbuka puasa.

Tempat yang nyaman dan bersih ini pun dilengkapi dengan warung-warung makanan yang berderet rapi disampingnya. Jika pun mau sholat, ada Masjid Raya At-Taqwa. Sebagai pusat kegiatan masyarakat Kota Cirebon, tentu jaringan yang ada di area ini harus optimal.

{Baca juga: Cara Cek Kuota XL dan Cek Pulsa, Gampang dan Cepat!}

Nah, hasil uji jaringan XL Axiata diarea ini menggunakan aplikasi OpenSignal menunjukan bahwa kecepatan mengunduh mencapai 59,5 Mbps, kecepatan mengunggah16,3 Mbps dengan latensi 52 ms.

Sedangkan untuk video berkualitas HD, waktu pemuatannya 1,2 detik, tanpa buffering dan pemutarannya 92,5%.

uji jaringan XL di Pantura Jawa

Bagaimana dengan hasil uji jaringan menggunakan SpeedTest dan Network Cell Info? Untuk SpeedTest kecepatan mengunduh mencapai 31,9 Mbps dan mengunggah mencapai 19,3 Mbps.

Sedangkan pengujian menggunakan Network Cell Info, waktu mengunduh atau download mencapai 19,7 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 21,7 Mbps.

Dengan hasil uji coba itu, sesuai dengan ketika tim kami langsung memutar video maupun memainkan games PUBG Mobile. Semua nya lancar tanpa ada ngelag sama sekali.

uji jaringan XL di Pantura Jawa

Uji Jaringan di Kota Semarang

uji jaringan XL Axiata Pantura Jawa
Kota Semarang

Kota Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia.

Kota ini juga menjadi kota yang akan memecah pemudik dari wilayah Jabodetabek maupun Jawa Barat ke Jawa Timur maupun berpencar ke kota lain di Jawa Tengah. Itu sebabnya, kami prediksikan, kota ini akan didatangi oleh banyak pemudik.

Di kota ini, Lawang Sewu menjadi landmark favorit karena memang arsitekturnya yang intagramable. Bangunan dulu adalah kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda ini memiliki banyak pintu.

Itu sebabnya disebut dengan Lawang Sewu yang artinya adalah “Gedung Seribu Pintu”. Ini yang daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar maupun pemudik.

Apalagi, Lawang Sewu ini juga berdekatan dengan pusat oleh-oleh Pandanaran, banyak hotel berbintang serta berdekatan dengan kawasan Simpang Lima yang menjadi pusat pertemuan bagi masyaraka kala ngabuburit.

Sudah tentu, jaringan di wilayah ini juga harus optimal. Bagaimana dengan hasil uji jaringan XL Axiata dikawasan ini?

Berdasarkan hasil uji jaringan menggunakan OpenSignal, di kawasan Pandanaran, tepat nya diseputaran Hotel Aston kecepatan waktu mengunduh 67,7 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 13,7 Mbps dan lantensi mencapai 35 ms.

Sedangkan untuk hasil uji video dengan kualitas HD, pemuatan hanya membutuhkan waktu 0,6 detik, tanpa buffering dan pemutaran 96,1%. Total durasi pengujian adalah 16 detik.

uji jaringan XL di Pantura Jawa

Sedangkan berdasarkan hasil uji menggunakan SpeedTest, kecepatan mengunduh mencapai 79,5 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 14,3 Mbps.

Hasil uji menggunakan aplikasi Network Cell Info, kecepatan mengunduh mencapai 41,1 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 11 Mbps.

uji jaringan XL di Pantura Jawa

Geser sedikit, hasil uji jaringan di area Lawang Sewu menggunakan OpenSignal, kecepatan waktu mengunduh mencapai 13,1 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 4,28 Mbps dan lantensi mencapai 36 ms.

Sedangkan untuk hasil uji video dengan kualitas HD, durasi pemuatan hanya membutuhkan waktu 2,2 detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran 87,3%. Total durasi pengujian sekitar 17,7 detik.

uji jaringan XL Axiata di Pantura Jawa

Lalu untuk hasil uji menggunakan SpeedTest, kecepatan mengunduh mencapai 56,6 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 8,85 Mbps dan lantensi mencapai 36 ms. Untuk hasil dari  Network Cell Info, kecepatan mengunduh mencapai 19,5 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 9,3 Mbps.

uji jaringan XL Axiata di Pantura Jawa

Uji Jaringan di Kota Solo

uji jaringan XL di pantura jawa

Kota selanjutnya yang kami sambangi adalah kota Solo. Di kota ini, area yang kami uji adalah Stasiun Balapan dan Stadion Manahan.

Kedua area ini kami prediksikan akan terjadi lonjakan trafik karena banyak pemudik yang melakukan perjalanan menggunakan kereta dan berhenti di Stasiun Balapan. Sedangkan Stadion Manahan menjadi pusat berkumpul masyarakat setempat saat ngabuburit.

Untuk hasil uji jaringan XL Axiata di area Stasiun Balapan menggunakan OpenSignal, Kecepatan waktu mengunduh mencapai 22,4 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 9,61 Mbps dan lantensi mencapai 35 ms.

{Baca juga: XL Axiata dan UI Resmikan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Depok}

Sedangkan untuk hasil uji video dengan kualitas HD, pemuatan hanya membutuhkan waktu 0,8 detik, tanpa buffering dan pemutaran 94,6%. Total durasi pengujian sekitar 16,3 detik.

uji jaringan XL Axiata di Pantura Jawa

Untuk hasil uji menggunakan SpeedTest, kecepatan mengunduh mencapai 43,1 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 18,7 Mbps. Lalu, ketika diuji menggunakan Network Cell Info, kecepatan mengunduh mencapai 5,5 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 5,9 Mbps.

uji jaringan XL Axiata di Pantura Jawa

Uji Jaringan di Kota Yogyakarta

uji jaringan xl axiata di Pantura jawa
Stasiun Tugu Yogyakarta

Kota selanjutnya yang kami sambangi untuk melakukan pengujian jaringan XL Axiata ini adalah Kota Yogyakarta.

Kota yang sangat menarik perhatian bagi pemudik maupun para wisatawan lokal. Sebagai perwakilan dari kota ini, kami menguji di area Stasiun Tugu yang tidak jauh lokasi nya dengan Jalan Malioboro.

Untuk hasil uji jaringan XL Axiata di area Stasiun Tugu menggunakan OpenSignal, Kecepatan waktu mengunduh mencapai 35,6 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 20,4 Mbps dan lantensi mencapai 35 ms.

Sedangkan untuk hasil uji video dengan kualitas HD, pemuatan hanya membutuhkan waktu 0,7 detik, tanpa buffering dan pemutaran 95,5%. Total durasi pengujian sekitar 16,2 detik.

uji jaringan XL Axiata di Pantura Jawa

Sedangkan untuk hasil uji menggunakan SpeedTest, kecepatan mengunduh mencapai 6,48 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 6,43 Mbps. Lalu, ketika diuji menggunakan Network Cell Info, kecepatan mengunduh mencapai 14,7 Mbps, kecepatan waktu mengunggah 25,1 Mbps.

Selama berada di area Stasiun Tugu, kami juga mencoba bermain game PUBG Mobile dan memutar video secara streaming. Hasilnya, semua nya berjalan lancar tanpa ada lag.

uji jaringan xl axiata di pantura jawa

Kesimpulan

Berdasarkan uji jaringan yang kami lakukan, sepanjang jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Solo, kemudian dilajutkan ke beberapa kota diantaranya, semua jaringan XL Axiata manteng terus.

{Baca juga: RUPS Tahunan, XL Axiata Bagikan Dividen Rp 339,4 Miliar}

Tidak ada keluhan selama perjalanan dan selama pengujian ini dilakukan. Artinya, jaringan operator ini siap menghadapi lonjakan trafik menghadapi masa mudik maupun selama bulan Ramadhan ini. (Icha) (ADV)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -