telset

Telkomsel Resmi Gelar Layanan 5G di Indonesia, Tahap Awal di 9 Kota

Telset.id, Jakarta – Hari ini Telkomsel resmi menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia. Pada awal peluncurannya Telkomsel menghadirkan layanan 5G di 26 kluster yang tersebar di 9 kota di Indonesia.

Melalui konferensi pers pada Kamis (27/05/2021), Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menjelaskan bahwa tanggal 27 Mei 2021 menjadi hari yang bersejarah karena Telkomsel memulai babak baru yakni menghadirkan teknologi 5G di Indonesia.

“Hari ini sangat penting dan bersejarah. Hari ini Telkomsel memulai babak baru dengan menyediakan dan melakukan implementasi teknologi 5G,” ujar Setyanto.

Setyanto menjelaskan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari usaha Telkomsel yang telah dilakukan sejak tahun 2018. Sekitar 2018 lalu Telkomsel sukses melakukan uji coba 5G di kawasan Gelora Bung Karno saat gelaran Asian Games 2018.

{Baca juga: Sah! Telkomsel Jadi Operator Pertama Gelar 5G di Indonesia}

“Di tahun 2018 kami melakukan trial 5G di acara Asian Games 2018,” tutur Setyanto.

Kemudian di tahun 2019 Telkomsel kembali melakukan uji coba 5G dan kali ini lokasi uji coba berada di Kantor Telkomsel Smart Office yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Tahun berikutnya Telkomsel terus melakukan pengembangan 5G di tengah pandemi Covid-19 dan puncaknya pada awal tahun 2021. Di tahun ini Telkomsel akhirnya berhasil mendapatkan  Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO), 5G dari Kementerian Kominfo.

“Kami terus melakukan uji coba dan ujungnya di tahun 2021 alhamdullilah kami mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kominfo,” ucap Setyanto.

Setyanto menyatakan bahwa layanan 5G Telkomsel akan hadir secara bertahap kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu diharapkan 5G Telkomsel akan menumbuhkan talenta digital di Tanah Air.

{Baca juga: Apakah Pelanggan Telkomsel Perlu Ganti Kartu SIM untuk 5G?}

“Diharapkan inovasi ini dapat menumbuhkan talenta digital dan new talenta digitalpreneur. Muaranya, ini membuat competitiveness Bangsa Indonesia di dunia digital semakin baik. Kami akan menggelar layanan ini secara bertahap untuk seluruh lapisan masyarakat,” kata Setyanto.

5G Telkomsel Hadir di 9 Kota 

Pada kesempatan tersebut diumumkan juga kota-kota yang beruntung mendapatkan jaringan 5G Telkomsel di Indonesia. Pada tahap pertama komersialisasi 5G ini, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di 9 kota.

“Di fase awal kami menggelar 5G di 26 klaster yang berada di 9 kota besar,” ungkap Nugroho.

Untuk wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta) layanan 5G ada di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain itu di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University Bandung dan Institut Teknologi Bandung.

{Baca juga: Telkomsel Gelar Layanan 5G, Begini Harapan Telkom Indonesia}

Nugroho memberikan alasan mengapa pada tahap awal, 5G Telkomsel digelar di kota-kota dan lokasi tersebut. Menurutnya kota dan klaster tersebut merupakan area yang membutuhkan layanan 5G.

Telkomsel 5G Indonesia
Telkomsel Resmi Gelar 5G di Indonesia

Walaupun begitu untuk kedepannya, Telkomsel akan menggelar layanan 5G secara merata di seluruh Indonesia.

“Kami menggelar di area-area yang membutuhkan layanan-layanan maju dari 5G,” tambah Nugroho.

Telkomsel berencana akan terus memperluas kerja sama supaya semakin banyak perangkat smartphone yang mendukung 5G Telkomsel.

Dengan digelarnya layanan 5G dari Telkomsel, maka hari ini menjadi awal kehadiran 5G secara komersial di Indonesia. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0