Telset.id, Jakarta – Telkomsel meningkatkan kapabilitas kanal layanan pelanggan asisten virtual bernama Veronika di MyTelkomsel dengan mengintegrasikan layanan tersebut ke teknologi AI buatan Microsoft Azure OpenAI Service.
Melalui integrasi sistem dengan Microsoft Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel untuk mengakses chabot AI ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) serta machine learning.
Menurut Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto, kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang untuk hadirnya proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.
“Kini, dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang semakin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif,” jelas Danang.
BACA JUGA:
- Telkomsel Hadirkan Layanan Ramah Disabilitas bagi Teman Tuli
- Makin Pintar, Telkomsel Veronika Kini Didukung ChatGPT
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Rabu (27/09/2023), serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine learning yang kini diterapkan, memungkinkan Veronika untuk merespon dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih natural.
Keunggulan fitur teknologi machine learning juga membuat Veronika di MyTelkomsel memahami kebutuhan atas produk dan layanan secara lebih mendalam, sehingga mampu menawarkan solusi yang sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik.
Sekaligus merekomendasikan pilihan paket produk yang sesuai dengan profil kebutuhan pelanggan, memberikan product knowledge, serta menjawab permasalahan pelanggan dengan lebih cepat dan semakin akurat.
“Veronika dapat mengenali berbagai kata kunci, frasa, dan bahasa sehari-hari yang semakin lebih dipahami oleh pelanggan. Serta mengidentifikasi pola serta tren terkini, sehingga bisa melakukan prediksi berdasarkan pola-pola tersebut untuk membuat rekomendasi yang semakin mendekati dengan kebutuhan pelanggan,” ungkap Danang.
BACA JUGA:
- Asik! Telkomsel Ajak Pecinta Drakor Liburan ke Korea Selatan
- Gandeng YouTube, Telkomsel Tawarkan Paket YouTube Premium
Melalui pemutakhiran ini, Danang berharap pengalaman pelanggan ketika berinteraksi dengan chatbot Veronika menjadi lebih natural, personal, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi unik setiap pelanggan.
“Ke depannya, Telkomsel akan terus memperkuat dan meningkatkan kapabilitas semua lini layanan pelanggan yang dimiliki, sehingga seluruh kebutuhan layanan pelanggan dapat terlayani lebih cepat dan semakin akurat,” tutup Danang.