telset
spot_img

Cara XL Axiata Antisipasi Lonjakan Trafik Internet di Nataru 2021

Telset.id, Jakarta – XL Axiata meyakini bakal terjadi lonjakan trafik layanan internet sampai 10% bertepatan dengan momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Operator tersebut memprediksi banyak pengguna memanfaatkan koneksi internet XL Axiata untuk streaming film, mengakses media sosial, dan lainnya selama Nataru 2021.

I Gede Darmayusa selaku Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata mengatakan, perusahaan telah memastikan kesiapan jaringan menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan.

Pasalnya pada liburan akhir tahun 2021 diperkirakan akan banyak masyarakat yang memakai layanan data ketika melakukan perjalanan ke luar kota, terutama saat berkunjung ke destinasi wisata.

Diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik internet dan telekomunikasi pada jaringan XL Axiata. Jumlah kenaikan diprediksi mencapai 5% sampai 10% dibandingkan hari-hari biasa.

Baca juga: Strategi Telkomsel Hadapi Nataru 2021

“Kami memperkirakan selama periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru akan terjadi peningkatan trafik sekitar 5% sampai 10% dibandingkan kondisi normal hari biasa di bulan sebelumnya,” kata I Gede Darmayusa.

Lonjakan trafik internet terjadi karena masyarakat mulai berani untuk melakukan perjalanan seperti berlibur atau pulang kampung saat Nataru 2021. Aktivitas yang sulit dilakukan di tahun-tahun sebelumnya karena ada pembatasan mobilitas.

“Kenaikan trafik ini dengan asumsi sebagian dari masyarakat akan mulai berani melakukan perjalanan untuk berlibur atau setidaknya pulang kampung,” tambahnya.

Baca juga: Kapasitas Jaringan Indosat Naik di Nataru 2021

Di Nataru 2021, kenaikan trafik internet XL Axiata disebabkan oleh aktivitas streaming video yang meningkat. Banyak orang-orang yang mengakses aplikasi streaming video atau membuat konten live streaming di media sosial selama momen liburan.

“Kami memperkirakan akses ke layanan video streaming akan meningkat seiring dengan meningkatnya trend berbagi dokumentasi video baik secara langsung atau melalui media sosial,” ungkap I Gede.

Strategi XL Axiata Hadapi Nataru 2021

Trafik XL Axiata Nataru 2021

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Rabu (22/12/2021), XL Axiata telah memiliki strategi dalam menghadapi lonjakan trafik internet selama libur Nataru 2021. Misalnya, perusahaan menyiapkan jaringan dengan kapasitas sebesar 2 kali lipat dari hari normal.

Kemudian XL juga mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, selain juga fokus di area residensial. Kota-kota tersebut terutama yang berada di jalur utama mudik, seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Malang.

XL turut memperkuat jaringan di wilayah Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera. “Ini dilakukan untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik,” jelas I Gede Darmayusa.

Lalu tim XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.

Baca juga: XL Axiata Catatkan Kinerja Positif di Kuartal Ketiga 2021

Selain itu, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa. Dikerahkan pula 16 unit mobile BTS di berbagai titik lokasi yang membutuhkan penguatan sinyal.

Operator dengan kelir warna biru ini pun turut memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.

Terakhir, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0