Telkomsel Tuntaskan Program Upgrade Jaringan dari 3G ke 4G

Telset.id, Jakarta – Telkomsel telah sukses menuntaskan proses peningkatan atau upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh 504 kota atau kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Proses peningkatan jaringan ini dimulai pada Maret 2022 lalu ini dilakukan dengan cara  mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49 ribu BTS ke 4G.  Alhasil kini lebih dari 96% wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G Telkomsel.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho melalui upaya tersebut Telkomsel terus memperkuat perannya sebagai leading digital telco company yang senantiasa menghadirkan konektivitas digital terdepan melalui layanan dan solusi digital inovatif kelas dunia.

“Kami menyampaikan rasa syukur serta apresiasi yang luar biasa atas kepercayaan para pelanggan, serta dukungan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, sehingga seluruh proses peningkatan jaringan 4G/LTE di 504 kota/kabupaten berjalan dengan lancar,” ujar Nugroho.

BACA JUGA:

Dengan telah dirampungkannya program peningkatan jaringan 4G ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84% Year-over-Year (YoY),  yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14% YoY.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Rabu (21/06/2023), dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51%.

“Melalui upaya peningkatan layanan jaringan tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, sehingga dapat membuka berbagai potensi kemajuan di berbagai aspek kehidupan, serta mendorong percepatan transformasi perekonomian nasional,” jelas Nugroho.

Di sisi lain Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto mengapresiasi keberhasilan Telkomsel menuntaskan peningkatan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G di 504 kota atau kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Wayan menilai kalau komitmen Telkomsel ini sejalan dengan program Pemerintah Indonesia untuk percepatan transformasi digital diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia.

BACA JUGA:

“Kami Ditjen PPI melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan seluruh operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi kepada masyarakat,” tutup Wayan Toni.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI