Telkomsel Ungkap Tren Perilaku Masyarakat di Bulan Ramadan

Telset.id, JakartaTelkomsel Enterprise melalui tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbarunya terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023, untuk dapat memahami pola perilaku masyarakat selama momen Ramadan dan mudik lebaran 2023.

Survei ini melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda untuk dapat memahami pola perilaku masyarakat selama momen Ramadan.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Telkomsel tSurvey.id menemukan beberapa temuan yang menarik terkait perilaku masyarakat di bulan Ramadan. Misalnya 40% responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat agar bisa menikmati waktu menunggu berbuka di rumah.

BACA JUGA:

Ketika berbuka puasa dan sahur 60% lebih suka memasak makanan mereka sendiri. Sedangkan 23% memilih memasak bahan makanan frozen food dan 30% memesan makanan lewat layanan food delivery untuk buka puasa dan sahur.

Tren buka puasa bersama juga disorot Telkomsel, dan hasilnya  sebanyak 45% responden lebih memilih restoran dan kafe sebagai tempat berbuka puasa bersama, serta anggaran yang disiapkan berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Terkait pengeluaran selama Ramadan, hampir 20 persen responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp 2,5 juta untuk berbelanja, di mana makanan dan minuman.

Telkomsel juga membeberkan data terkait pola mudik lebaran masyarakat. Hasilnya sebanyak 72% responden lebih memilih mudik untuk libur lebaran.

Bahkan responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan sebanyak 28% responden memilih untuk berlibur ke kota lain.

Menurut Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan melalui hasil survei tersebut, tSurvey.id menemukan beberapa valuable insights dari responden yang dapat dijadikan panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program marketing Ramadan-nya.

Sekaligus dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran 2023.

BACA JUGA:

“Telkomsel berkomitmen untuk selalu dapat memberikan layanan terdepan dan bernilai tambah melalui berbagai layanan digital dan inisiatifnya, sehingga bisa membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku bisnis dan masyarakat,” jelas Alfian.

Informasi lebih lanjut mengenai detail hasil survei tren masyarakat selama Ramadan dan lebaran 2023 dari Telkomsel tSurvey.id dapat diakses pada tautan tsel.id/ramadaninsight. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI