Cara Pesan dan Bayar Tiket Kereta Api di KAI Access via LinkAja

Telset.id – Anda mau travelling atau melakukan perjalanan bisnis menggunakan kereta api? Jika ya, sekarang Anda sudah bisa pesan dan bayar tiket kereta api di KAI Access melalui opsi pembayaran LinkAja. Bagaimana caranya?

Pembayaran tiket kereta api di KAI Access memang semakin mudah dilakukan. Kini, Anda dapat memesan dan bayar tiket kereta api dengan cara menggunakan aplikasi LinkAja.

Dengan cara ini, proses pembayaran semakin praktis karena tidak perlu antre di ATM untuk bayar tiket. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Mengenal KAI Access 

KAI Access adalah aplikasi pembelian tiket kereta api secara online yang diluncurkan pada 4 September 2014 silam. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia ini memungkinkan Anda untuk membeli tiket dengan lebih mudah.

KAI Access menyediakan berbagai fitur pendukung. Misalnya, fitur Reschedule Ticket yang membantu Anda untuk mengubah jadwal tiket keberangkatan atau mengubah nomor kursi di gerbong kereta.

Fitur lainnya seperti pembelian tiket 1 jam sebelum keberangkatan. Fitur ini disediakan untuk menjawab kebutuhan Anda yang melakukan perjalanan secara mendadak.

{Baca juga: Tips Daftar Akun LinkAja dan Upgrade ke Full Service}

Anda tidak perlu lagi panik untuk mengantri di loket karena pembelian dapat dilakukan pada saat perjalanan menuju stasiun. Fitur ini hanya dapat digunakan bagi pengguna aplikasi KAI Access.

Fitur lainnya adalah E-Boarding Pass. Fitur ini akan tampil 2 jam sebelum keberangkatan Kereta Api. Anda tidak perlu lagi mengantri hanya untuk mencetak boarding pass pada mesin Check In Counter (CIC).

Cara bayar tiket kereta api KAI Access LinkAja

Anda cukup menunjukkan e-boarding pass pada di aplikasi kepada petugas boarding dan Anda bisa masuk ke dalam kereta.

Kemudian, ada juga fitur Cancel Ticket atau pembatalan tiket. Fitur ini membuat Anda tidak perlu mengantri dan datang ke loket hanya untuk melakukan pembatalan tiket.

Pembatalan tiket bisa dilakukan melalui aplikasi dan pengembalian uang tiket langsung ditransfer ke rekening Anda sekitar 30 hari setelah proses pembatalan dilakukan.

Fitur mumpuni lainya adalah pembayaran bisa dilakukan di berbagai bank serta aplikasi dompet digital seperti LinkAja. Khusus dengan menggunakan aplikasi LinkAja, maka proses pembayaran menjadi lebih praktis.

Anda tidak perlu membuka rekening atau ke ATM untuk membayar tiket, namun dengan aplikasi LinkAja yang tersedia di smartphone maka proses pemesanan dan pembayaran tiket jadi sangat cepat.

{Baca juga: LinkAja Terima Dana Investasi dari Gojek}

Nah, kali ini tim Telset akan memberikan informasi mengenai cara pesan dan bayar tiket kereta api di KAI Access lewat aplikasi LinkAja. Yuk simak panduannya di bawah ini!

Cara Bayar Tiket Kereta Api Lewat LinkAja 

Terdapat beberapa tahap terkait cara pesan dan bayar tiket kereta api di KAI Access lewat LinkAja. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi KAI Access di ponsel Anda. Bagi yang belum mempunyai silakan unduh aplikasi di Google Play Store atau App Store.
  • Pilih rute keberangkatan, tanggal, dan jumlah tiket yang dipesan. Setelah itu klik Cari.

Cara pesan bayar tiket kereta api KAI Access LinkAja

  • Pilih kereta yang tersedia. Di KAI Access tersedia berbagai pilihan kereta beserta kelas kursi, jadwal keberangkatan, dan harga tiket.

Cara pesan bayar tiket kereta api KAI Access LinkAja

  • Tulis identitas penumpang untuk pemesanan tiket dan klik Pilih Kursi.
  • Silakan pilih kursi yang berwarna putih. Hal ini karena kursi berwarna putih menandakan bahwa kursi tersebut masih kosong alias belum ada yang memesannya. Setelah itu, tap Simpan.

Cara pesan bayar tiket kereta api KAI Access LinkAja

  • Lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran LinkAja yang terletak di tengah halaman aplikasi.

Cara pesan bayar tiket kereta api KAI Access LinkAja

  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke aplikasi LinkAja dan silakan lakukan pembayaran tiket dengan tap Confirm.

Cara pesan bayar tiket kereta api KAI Access LinkAja

  • Masukkan nomor pin akun LinkAja, dan tunggu beberapa saat sampai muncul info bahwa pembayaran berhasil dilakukan.

Demikian informasi mengenai cara pesan dan bayar tiket kereta api di KAI Access lewat aplikasi LinkAja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta. Selamat mencoba ya, sob! (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -