Unggul di Banyak Kategori, Telkomsel Operator Terbaik versi OpenSignal

Telset.id, Jakarta – OpenSignal merilis performa jaringan dari operator seluler yang beroperasi di Indonesia. Hasilnya, Telkomsel menjadi operator terbaik dalam memberikan pengalaman jaringan 4G ke konsumen karena paling banyak memenangkan kategori.

Dilansir Telset.id dari laman resmi OpenSignal pada Rabu (6/7/2022), dalam tulisan bertajuk Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2022, OpenSignal meneliti performa jaringan 4G operator seluler yang beroperasi di Indonesia.

Operator itu meliputi Telkomsel, Indosat, Tri Indonesia, XL Axiata dan Smartfren. Perlu diketahui pengumpulan ini dilakukan mulai dari Februari 2022 sampai Mei 2022, sehingga sebelum Indosat dan Tri efektif merger.

Dalam laporannya tersebut, OpenSignal membagi performa jaringan operator dalam 9 kategori, yaitu Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Unduhan, Pengalaman Kecepatan Unggahan, Ketersediaan Jaringan, Pengalaman Cakupan 4G, Kualitas Konsisten Luar Biasa dan Kualitas Konsisten Inti.

BACA JUGA: 

Hasilnya terdapat beberapa operator seluler yang sukses memenangkan banyak kategori. Posisi pertama ada Telkomsel, yang menjadi operator seluler terbaik karena mampu  menggondol banyak kategori.

Sama seperti laporan tahun lalu, Telkomsel berhasil memenangkan kategori Pengalaman Kecepatan Unggahan dengan kecepatan 7,7 MB.

“Dengan kecepatan unggahan rata-rata 7,7 Mbps, pengguna Telkomsel melihat Pengalaman Kecepatan Unggahan tercepat di Indonesia. Perbedaan antara Telkomsel dan operator lain berbeda secara signifikan,” tulis OpenSignal.

Selain sebagai operator tercepat dalam hal unggahan, Telkomsel juga menjadi operator yang mampu menggelar jaringan 4G dengan baik dengan memperoleh poin tertinggi yaitu 8,7 poin dari 10.

Telkomsel juga meraih posisi pertama dalam kategori Kualitas Konsisten Luar Biasa dan Kualitas Konsisten Inti versi OpenSignal. Operator yang identik dengan warna merah itu mendapatkan persentase tertinggi 65,6% dan 82,8%.

Sementara 4 operator lainnya hanya memenangkan beberapa kategori saja. Misalnya XL Axiata yang unggul dalam kategori Pengalaman Kecepatan Unduhan dengan 18,7 Mbps dan kategori Pengalaman Video sebesar sebesar 44,8 poin.

OpenSignal Operator Seluler Indonesia 4G Telkomsel

“XL memenangkan penghargaan Pengalaman dan mengakhiri rentetan kemenangan impresif yang dicapai Telkomsel. Sebanyak 6 kali berturut-turut,” imbuh OpenSignal.

Berikutnya ada Hutchison Tri Indonesia. Kualitas jaringan Operator yang kini berganti nama menjadi Indosat Ooredoo Hutchison mampu memenangkan kategori Pengalaman Game dan Pengalaman Aplikasi suara dengan 67 dan 76,5 poin.

BACA JUGA: 

Sisanya Smartfren berhasil memenangkan kategori Ketersediaan Jaringan 4G dengan persentase 98,3%, sedangkan Indosat Ooredoo tidak berhasil memenangkan semua kategori yang ada. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0