telset

Layanan Telkomsel 5G Serentak Hadir di Lima Kota Tambahan

Telset.id, Jakarta – Melanjutkan kehadiran di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan, Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G di lima kota lainnya.

Lima kota yang mendapat kesempatan untuk bisa menikmati layanan Telkomsel 5G adalah Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.

{Baca juga: Setelah Jakarta, Ini 3 Kota yang Sudah Nikmati Telkomsel 5G}

“Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho, dalam keterangan pers, Senin (7/6/2021).

Nugroho menambahkan bahwa hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut. Salah satunya sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital.

Atau sektor pendidikan yang dapat mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat untuk memastikan pemberdayaan teknologi 5G yang tepat guna ke masa mendatang.

Selain itu, lanjut Nugroho, 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Layanan Telkomsel 5G

Sementara itu, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo RI Mulyadi, ST, MT menyampaikan ucapan selamat kepada Telkomsel atas keberhasilannya menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar 5G.

“Selamat juga kepada masyarakat Kota Denpasar karena telah menjadi salah satu kota pertama di Indonesia yang menikmati layanan 5G,” kata Mulyadi.

Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa Kota Denpasar dan Bali memiliki potensi yang sangat strategis dan penting bagi pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia dan memiliki arti penting bagi perekonomian Indonesia.

{Baca juga: Daftar Smartphone 5G yang Sudah Dukung Layanan 5G Telkomsel}

“Berdasarkan perencanaan infrastruktur digital Indonesia, layanan utama dari infrastruktur digital adalah 4G yang kemudian dilengkapi dengan 5G,” ujar dia.

Jaringan 5G Telkomsel di Kota Tambahan

Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Batam, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Batam Center.

Sedangkan di kota Makassar, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pettarani Makassar. Kemudian untuk kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya.

Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali. Masyarakat juga kini dapat mengunjungi GraPARI tersebut untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital, seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Layanan Telkomsel 5G

Sedangkan untuk di kota Bandung, jaringan Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Kehadiran teknologi 5G Telkomsel di kedua kampus ternama ini untuk mendukung riset yang dilakukan para peneliti.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan  beberapa hal berikut:

  • Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  • Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  • Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  • Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap).

{Baca juga: Ini Syarat dan Cara untuk Menggunakan Layanan Telkomsel 5G}

Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G untuk mengisi formulir registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0