telset

Setelah Jakarta, Ini 3 Kota yang Sudah Nikmati Telkomsel 5G

Telset.id, Jakarta – Telkomsel terus memperluas layanan 5G di Indonesia. Usai dirilis di Jakarta, Telkomsel resmi menghadirkan layanan seluler generasi kelimna ini di tiga kota lainnya, yakni di Surakarta, Medan dan Balikpapan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menjelaskan bahwa perluasan layanan di tiga kota ini merupakan bentuk komitmen Telkomsel terhadap gelaran 5G di Indonesia.

“Sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia,” ujar Hendri Mulya Syam dalam keterangan pers, Kamis (03/06/2021).

{Baca juga: Telkomsel Resmi Gelar Layanan 5G di Indonesia, Tahap Awal di 9 Kota}

Selain itu, Hendri juga menyatakan bahwa hadirnya layanan ini di ketiga kota tersebut merupakan bagian dari tahap awal gelaran Telkomsel 5G di Indonesia. Surakarta, Medan dan Balikpapan masuk dalam 9 kota yang mendapat giliran.

“Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat,” kata Hendri.

“Semoga 5G mampu mendigitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri untuk dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak,” tambahnya.

Menkominfo Johnny G. Plate menyambut baik perluasan jaringan 5G Telkomsel di Surakarta, Medan dan Balikpapan. Johnny mengatakan bahwa Kominfo akan mendukung kehadiran 5G dengan memperkuat infrastruktur 4G di Indonesia.

{Baca juga: Ini Syarat dan Cara untuk Menggunakan Layanan Telkomsel 5G}

“Kominfo akan meneruskan fondasi transformasi digital Indonesia yang  bertumpu pada tulang punggungnya, yaitu jaringan 4G. Pemerintah bersama dengan operator akan melaksanakan simultan operation, yakni coexist antara 4G dan 5G,” ungkap Johnny.

Lokasi Layanan 5G Telkomsel 

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (04/06/2021), layanan internet supercepat Telkomsel ini akan hadir di beberapa wilayah di Medan, Surakarta dan Balikpapan.

Untuk Medan, wilayah cakupannya meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence, Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara di Kota Surakarta, cakupan jaringannya meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di Kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Selain itu, masyarakat bisa mencoba dan merasakan secara langsung pengalaman menggunakan layanan digital yang didukung dengan jaringan 5G dari Telkomsel di area GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

Layanan 5G Telkomsel Surakarta Jokowi
Peluncuran layanan 5G Telkomsel di Tiga Kota

Untuk perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

{Baca juga: Daftar Smartphone 5G yang Sudah Dukung Layanan 5G Telkomsel}

Telkomsel akan terus memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung.

Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di software smartphone agar dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0