telset
spot_img

Kominfo Masih Godok Rencana Jaringan 3G Bakal Dimatikan

Telset.id, Jakarta – Kementerian Kominfo berencana akan mematikan jaringan 3G. Dijelaskan Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, pemerintah saat ini sedang mengkaji kemungkinan jaringan 3G dihapus di seluruh Indonesia.

Menurutnya, Kominfo mempertimbangkan dua aspek. Pertama, pemerintah ingin memastikan bahwa seluruh wilayah Indonesia telah terkoneksi dengan jaringan 4G. Kedua, mempertimbangkan aspek kepentingan masyarakat.

“Kita harus sudah memastikan wilayah-wilayah layanan telekomunikasi itu sudah teraliri akses internet 4G, baru kita bisa kemudian melakukan penghapusan 3G,” kata Dedy.

Baca juga: Kominfo Cabut Izin Frekuensi Net1

Perlu juga dilihat manfaat dari jaringan 3G yang akan dimatikan, di tengah masyarakat luas. Tujuannya, agar tidak ada golongan masyarakat yang dirugikan atas kebijakan jaringan 3G yang dihapus.

“Karena pertimbangan kepentingan masyarakat secara umum, kita harus menetapkan mekanisme yang tidak merugikan pengguna atau tidak merugikan pengguna layanan seluler,” jelasnya.

Asal tahu saja, meski Indonesia sudah memasuki era teknologi 5G, tetapi menurut laporan OpenSignal, sebagian besar masyarakat di Tanah Air masih bergantung pada teknologi 3G ketimbang memakai 4G.

Beberapa alasan mengapa masih banyak yang memanfaatkan jaringan ini karena layanan 4G masih belum mencakup pedalaman, serta pengguna 3G pun tidak menggunakan perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE.

Baca juga: 5G Masuk Indonesia, tapi Banyak Pengguna Masih Pakai 3G 

Sampai sekarang, belum ada informasi mengenai kapan jaringan 3G akan dimatikan karena sampai saat ini masih menunggu kajian dari tim internal Kominfo.

“Terkait dengan deadline penghapusan 3G, sekali lagi dengan 2 pertimbangan yang saya sampaikan tadi maka kita menunggu hasil kajian dari tim internal di Kominfo. Hasil kajian itulah yang akan menentukan kapan eksekusi kebijakan ini akan dilakukan,” papar Dedy.

Setelah kajian selesai, Kominfo baru akan memberikan informasi kepada operator seluler mengenai rencana penghapusan jaringan 3G.

Baca juga: Kominfo dan OJK akan Moratorium Penerbitan Izin Pinjol

“Jadi 2 pertimbangan tadi yang menjadi fokus Kementerian Kominfo, jangan sampai merugikan pengguna di level masyarakat dan yang kedua kita sudah memastikan 4G-nya sudah masuk disitu. Perkara nanti kita akan melakukan komunikasi dengan operator seluler dengan cara seperti apa, itu tergantung hasil kajian yang kita lakukan,” tutup Dedy. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0