telset

Libur Lebaran, Pelanggan XL Banyak Nonton Streaming Video dan Main Game

Telset.id, Jakarta – Selain beribadah, selama Ramadan hingga libur lebaran 2022 pelanggan XL Axiata ternyata gemar menghabiskan waktu untuk bermain game dan menonton streaming video.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Selasa (10/5/2022), XL merilis trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H antara tanggal 24 April sampai dengan 7 Mei 2022.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) XL Axiata menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara nasional sebesar 33% dibandingkan periode lebaran tahun lalu dan 11% dibanding hari biasa sebelum Ramadan.

Baca juga: XL Bagikan Dividen Rp 552 Miliar, 50% dari Laba Bersih Perusahaan

“Lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat di berbagai daerah. Hal ini bisa kita lihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Sedangkan selama bulan Ramadan hingga perayaan lebaran 2022 pelanggan XL banyak mengakses layanan streaming khususnya bermain game dan menonton streaming video.

Secara umum trafik layanan streaming video cenderung naik hingga 52%. Begitu pun dengan beberapa aplikasi yang masuk dalam kategori layanan streaming.

Sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan seperti layanan berbasis game yang naik hingga 66%, Netflix 16%, YouTube 40%, TikTok 76%, dan Spotify 21%.

Sementara itu, peningkatan trafik juga terjadi di layanan social network dan layanan WhatsApp dengan persentase masing-masing sebesar 42% dan 38%.

“Akses ke layanan streaming video juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kami bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa liburan yang penuh kegembiraan ini,” tutur I Gede.

Layanan lainnya turut mengalami kenaikan trafik seperti belanja online yang meningkat hingga 23%, web browsing naik 36% dan aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze yang trafiknya naik 48% dibanding hari normal.

Dilihat dari persebaran wilayah, kenaikan trafik layanan XL pada Ramadan dan lebaran 2022 terjadi di Jawa Tengah dengan pertumbuhan trafik 23%, Jawa Timur 24%, dan Jawa Barat 20%.

Baca juga: Trafik Telkomsel Naik 21% Selama Lebaran 2022, WhatsApp Tertinggi

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera Bagian Utara melonjak sebesar 21%, Sumatera Bagian Selatan 17%, Kalimantan 17%, Sulawesi 14%, Bali-Lombok-Sumbawa 19% dibanding hari biasa.

Hasil berbeda didapatkan pada layanan telekomunikasi SMS yang trafiknya naik sedikit yakni 6%, dan voice yang trafiknya turun 3%. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0