Trafik Telkomsel Naik 21% Selama Lebaran 2022, WhatsApp Tertinggi

Telset.id, Jakarta – Telkomsel mencatat adanya peningkatan trafik layanan broadband atau data pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2022. Tercatat, lonjakan trafik data mencapai 45,1 Petabyte (PB) atau naik 21% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 lalu atau 9% dibanding hari biasa.

Hasil yang berbeda justru dialami oleh layanan SMS atau panggilan suara. Pasalnya trafik kedua layanan tersebut masing-masing mengalami penurunan sebesar 31%.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Senin (9/5/2022) VP Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, menjelaskan lonjakan trafik data Telkomsel didorong oleh kenaikan trafik beragam aktivitas digital pelanggan.

Baca juga: Telkomsel Pastikan Penguatan Akses Broadband di Jalur Mudik Lebaran

Misalnya akses layanan instant messaging dan video conference naik 21%, mobile gaming 17%, streaming video 16% dan trafik mengakses media sosial yang naik 3% dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan belanja online, Telkomsel melihat adanya penurunan trafik 36% di momen Ramadan dan lebaran 2022. Hal yang sama pula terjadi dengan aktivitas browsing yang juga berkurang 7%.

“Kami merasa sangat bersyukur dapat kembali mengoptimalkan seluruh aset ekosistem perusahaan yang dimiliki untuk memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik, bagi seluruh pelanggan dengan baik selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini,” ujar Saki.

Adapun berdasarkan trafik per aplikasi, ternyata WhatsApp menjadi aplikasi yang penambahan trafiknya tertinggi yaitu 35%. Pertumbuhan WhatsApp ini diikuti oleh TikTok yang turut naik 16%, Instagram 15%, YouTube 13% dan Facebook 1%.

Wilayah dengan Trafik Lebaran Tertinggi 

Selain berdasarkan trafik aplikasi, Telkomsel juga mencatat pertumbuhan trafik berdasarkan wilayah operasional selama Ramadan dan lebaran 2022.

Ternyata wilayah operasional Kabupaten Cilacap mengalami pertumbuhan tertinggi hingga 50% dibanding hari biasa. Lebih lanjut ada Kabupaten Tasikmalaya naik 43%, Kabupaten Ciamis 42%, Kabupaten Garut 34% dan Kabupaten Cirebon 28%.

Telkomsel Trafik Data Lebaran 2022
Infografis seputar trafik data Telkomsel di Lebaran 2022

Bukan cuma trafik data saja, Telkomsel melaporkan adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga: Spesial Lebaran, Beli Telkomsel Orbit Dapat Diskon Hingga 50%

Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13%, Jawa Tengah meningkat sebesar 17%, dan Jawa Timur sekitar 6% dibandingkan hari biasa.

Terakhir Saki berharap semoga peningkatan trafik Telkomsel di Ramadan dan Idul Fitri 2022 ini, bisa menjadi momentum kebangkitan masyarakat usai berjuang melawan pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir.

“Telkomsel juga berharap, momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum kebangkitan bagi seluruh bangsa Indonesia seiring dengan semakin cepatnya adopsi kebiasaan baru selama pandemi Covid-19,” tutup Saki. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0