RUPS Tahunan, XL Axiata Bagikan Dividen Rp 339,4 Miliar

Telset.id, Jakarta – XL Axiata menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan atau RUPS pada Jumat (23/4/2021). Rapat tahunan XL Axiata tersebut memiliki beberapa mata acara yang telah disetujui termasuk membagikan dividen sebesar Rp339,4 miliar.

Menurut Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, peserta RUPS tahunan menyetujui penggunaan 50% dari keuntungan sebagai dividen kepada para pemegang saham.

“Totalnya dividen ini kurang lebih sebesar Rp 339,4 miliar yang atau setara dengan Rp 31,7 per saham,” kata Dian Siswarini melalui konferensi pers virtual pada Jumat (23/04/2021), kemarin.

{Baca juga: XL Axiata dan UI Resmikan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Depok}

Lebih lanjut, Dian menyatakan bahwa sisa keuntungan akan digunakan sebagai cadangan umum dengan nominal sebesar Rp 100 juta dan sisa Rp 32 miliar disetujui sebagai saldo laba ditahan untuk mendukung pengembangan usaha XL Axiata.

“Sisa dari keuntungan lainnya akan kami pergunakan sebagai alokasi cadangan umum sebesar Rp100 juta dan selebihnya dicatat dalam saldo laba ditahan untuk mendukung pengembangan usaha perseroan,” jelas Dian.

Tidak hanya membagikan deviden kepada para pemegang saham, peserta di RUPS tahunan XL juga menyetujui dan menerima laporan tahunan direksi perseroan dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2020.

{Baca juga: Karyawan XL Axiata Ikuti Donor Plasma Konvalesen}

Peserta Rapat Umum Pemegang Saham XL Axiata pun memberikan persetujuan dan pengesahan atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020. Laporan keuangan tersebut telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Tanudiredja Wibisana.

Anggota Komisaris XL Axiata Mundur 

Selain pembagian deviden Rp 339,4 miliar kepada para pemegang saham XL Axiata, peserta rapat juga memberikan wewenang kepada dewan komisaris untuk melakukan tindakan dan segala pengurusan termasuk pada menetapkan besaran honorarium profesional.

Selanjutnya peserta rapat memberikan kuasa dan wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan besaran gaji, bonus, dan tunjangan lainnya bagi para anggota direksi perseroan.

RUPS Tahunan 2021 XL Axiata
Paparan Publik RUPS Tahunan 2021 XL Axiata

Terakhir, rapat juga menerima pengunduran diri dan memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya atau acquit et de charge kepada Tan Sri Jamaludin bin Ibrahim sebagai anggota dewan komisaris perseroan.

{Baca juga: XL Axiata Sukses Gelar Uji Coba Open RAN di Ambon}

Dengan diterimanya pengunduran diri tersebut, maka susunan anggota dewan komisaris perseroan XL Axiata terhitung sejak ditutupnya RUPS Tahunan 2021 adalah sebagai berikut:

  • Presiden Komisaris: Dr. Muhamad Chatib Basri
  • Anggota Komisaris:​​  Vivek Sood
  • Anggota Komisaris:  ​​Dr. David R. Dean
  • Anggota Komisaris: Dato’ Mohd Izzaddin bin Idris
  • Anggota Komisaris: Dr. Hans Wijayasuriya
  • Komisaris Independen:  ​​Yasmin Stamboel Wirjawan
  • Komisaris Independen: ​​​​​Muliadi Rahardja
  • Komisaris Independen: Julianto Sidarto

(NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0