telset

Indosat Terapkan SRv6 Komersial Pertama di Asia Tenggara

Telset.id, Jakarta – Bersama Cisco, Indosat Ooredoo menerapkan teknologi SRv6 (Segment Routing IPv6) dengan Network Slicing secara komersial untuk yang pertama kalinya di Indonesia dan Asia Tenggara. Teknologi SRv6 tak cuma memaksimalkan potensi internet 5G Indosat Ooredoo saja, tapi juga seluruh jaringan yang digelar oleh operator tersebut di Tanah Air.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny mengatakan, teknologi SRv6 dihadirkan guna memenuhi kebutuhan konsumen baik individu maupun enterprise, utamanya yang berkaitan dengan internet 5G yang baru diluncurkan Indosat Ooredoo di Indonesia.

“Ada tantangan tersendiri terkait jaringan 5G, seperti kebutuhan tinggi, tingginya perangkat yang terhubung, aplikasi internet, dan ada banyak kompleksitasnya,” katanya dalam sebuah sesi yang digelar secara online pada Senin (28/6/2021).

“SRv6 pun menjadi solusinya,” sambung Medhat.

{Baca juga: Layanan 5G Indosat Resmi Diluncurkan, Kota Solo yang Pertama}

Menurutnya, SRv6 merupakan teknologi jaringan yang bisa diprogram sesuai kebutuhan. SRv6 juga dinilai sebagai teknologi dengan proses kendali jaringan yang bisa berjalan secara otomatis dan mempunyai skalabilitas tinggi.

Indosat SRv6 5G
Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny

Singkatnya, teknologi ini akan membuat semacam beberapa partisi atau support yang tidak cuma untuk memenuhi kebutuhan utama saja, tapi juga beberapa usecase 5G lainnya, semisal performa jaringan dan latensinya.

“Setiap layanan global membutuhkan latensi yang rendah. Tapi ada juga yang membutuhkan permintaan kapasitas yang tinggi. Di 5G, beda aplikasi pasti beda requirement,” jelas Medhat.

{Baca juga: Cara Aktifkan Internet 5G Indosat, Gak Perlu Ganti Kartu SIM}

Dalam kesempatan yang sama, Hartono selaku VP Head of Transport Planning & Engineer Indosat Ooredoo menyatakan, implementasi teknologi SRv6 terhadap jaringan internet 5G Indosat Ooredoo sudah digelar di Indonesia.

Akan tetapi, areanya pun masih terbatas sesuai prioritas dari konsumen maupun enterprise dan juga trafik ataupun permintaannya. Bukan hanya memaksimalkan potensi internet 5G, penerapan SRv6 secara komersial juga akan meningkatkan performa jaringan Indosat Ooredoo secara keseluruhan. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0