telset

Lolos ULO, Indosat Ooredoo Segera Gelar 5G di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo sebentar lagi akan menggelar layanan 5G di Indonesia. Kepastian ini didapat setelah Indosat dinyatakan telah lolos Uji Laik Operasi (ULO) teknologi 5G.

Indosat hampir dapat dipastikan akan menyusul Telkomsel yang sebelumnya resmi menggelar teknologi seluler generasi kelima sejak bulan Mei 2021.

Rencana Indosat ini diketahui berdasarkan undangan yang dikeluarkan Kementerian Kominfo pada Minggu malam (13/6/2021). Kominfo akan melakukan konferensi pers mengenai hasil Uji Laik Operasi (ULO) teknologi 5G Indosat pada Senin (14/6/2021).

“Izin menyampaikan undangan konferensi pers hasil uji laik operasi penyelenggaraan jaringan bergerak seluler 5G berbasis teknologi IMT-2020 PT Indosat Ooredoo yang akan dilaksanakan pada Senin 14 Juni 2021 pukul 13.00 WIB s.d. selesai,” tulis Kominfo.

{Baca juga: Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 10% di Lebaran 2021}

Pada pengumuman tersebut, Kominfo menjelaskan bahwa konferensi pers akan diselenggarakan secara online dan dihadiri oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate serta President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama.

Sekedar informasi bahwa konferensi pers ULO 5G biasanya berisi pengumuman mengenai hasil ULO 5G yang dilakukan Kominfo kepada operator seluler. Jika hasil dinyatakan berhasil, maka operator mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G.

Setelah mendapatkan SKLO 5G, operator bisa menggelar secara komersil layanan 5G di Indonesia. Masih belum ada informasi wilayah atau kota mana saja yang pertama akan  mencicipi layanan supercepat Indosat.

Indosat Susul Telkomsel 

Indosat 5G bisa dikatakan akan menyusul Telkomsel jika berhasil mendapatkan SKLO 5G dari Kominfo. Indosat akan menjadi operator seluler kedua yang akan menggelar layanan 5G di Indonesia.

Telkomsel sendiri telah berhasil mendapatkan SKLO 5G dari Kominfo pada 24 Mei 2021. Anak usaha Telkom Group itu pun akhirnya resmi menggelar layanan 5G secara komersial pada 27 Mei 2021 di 9 kota di Indonesia.

Di fase awal, Telkomsel menggelar 5G di 26 klaster yang berada di 9 kota besar. Untuk wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta) layanan 5G ada di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain itu di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University Bandung dan Institut Teknologi Bandung.

{Baca juga: Sah! Telkomsel Jadi Operator Pertama Gelar 5G di Indonesia}

Patut ditunggu bagaimana hasil ULO Indosat Ooredoo pada siang nanti. Semoga saja Indosat dinyatakan layak menggelar 5G, sehingga menambah daftar operator yang menggelar layanan 5G. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0