Google Bangun Kota di California, Untuk Apa?

Telset.id, Jakarta – Sebuah sumber menyatakan bahwa Google tengah membangun kota di California. Kota ini didirikan di area yang memiliki jarak 160 Kilometer dari Silicon Valley.

Melansir dari laman Ars Technica, kota yang diketahui bernama Castle tersebut ternyata bukan kota sungguhan. Kota itu sengaja dibuat oleh Google untuk menguji ‘mainan’ milik Waymo, yakni mobil pintar tanpa awak.

[Baca juga: Survei: Pembeli Galaxy Note 7 Pasti Beli Note 8]

Di wilayah yang semula adalah bekas pangkalan komando angkatan udara AS, Castle Air Force Base itu, Google akan membangun replika persimpangan jalan, dan jalur dua arah seperti di Meksiko.

Bahkan, raksasa teknologi itu sudah menyiapkan berbagai perlengkapan seperti kerucut lalu lintas (traffic cone), serta tanaman dan orang palsu untuk merekonstruksi keadaan sebenarnya.

Kota buatan ini sengaja dibuat untuk memudahkan para ilmuan dari Waymo, yang merupakan anak perusahaan dari Alphabet untuk menguji kendaraan mereka. Dengan kota buatan ini, mereka tidak pusing dengan banyaknya aktifitas dari masyarakat kota.

[Baca juga: Bos Samsung Konfirmasi Siapkan Pesaing Apple HomePod]

Di sini, Google menguji semua hal, termasuk pengereman dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa aturan dalam mengembangkan mobil pintar seperti taat hukum dan aman digunakan.

Setiap tahunnya, proyek Waymo selalu mengalami perkembangan. Jika dibandingkan dengan dua tahun lalu, kendaraan ini hanya bisa berjalan sejauh 2.000 kilometer. Namun jika dibandingkan dengan sekarang, mobil ini sudah bisa menempuh jarak 5.000 kilometer, dan masih terus dikembangkan. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI