Gaji CEO Apple Tim Cook di 2023 Dipotong 40%, Jadi Berapa?

Telset.id, Jakarta – Penjualan Apple yang sedang turun, membuat gaji CEO Apple Tim Cook ikut turun di tahun 2023. Bos Apple itu terkena pemotongan gaji sebesar 40% dibandingkan gajinya pada tahun 2022 lalu. Lantas, “sisa” berapa gaji Tim Cook?

Apple telah menerbitkan pernyataan proxy tahunannya untuk investor, yang mengungkapkan sejumlah detail tentang kompensasi eksekutif, proposal pemegang saham, dan informasi lainnya.

Dalam laporan tersebut tertulis kalau CEO Apple Tim Cook akan mengambil pemotongan gaji yang signifikan pada tahun 2023 sebesar 40%. Dengan dipotongnya gaji 40%, maka gaji Cook turun dari USD 84 juta atau Rp 1,2 triliun di tahun 2022 menjadi USD 49 juta atau Rp 741 miliar.

“Target total kompensasi Tim Cook tahun 2023 adalah USD 49 juta, berkurang lebih dari 40% dari total kompensasi target tahun 2022. Dengan mempertimbangkan ukuran, ruang lingkup, dan kinerja komparatif Apple, Komite Kompensasi juga bermaksud untuk memposisikan kompensasi target tahunan Mr. Cook,” tulis laporan tersebut.

BACA JUGA:

Namun perlu diingat kalau pemotongan ini sudah sesuai dengan persetujuan Tim Cook. Bos Apple itu tidak masalah gajinya dipotong 40%, sesuai dengan umpan balik yang diterima dalam survei dan pemungutan suara “Say on Pay” yang dilakukan oleh Komite Kompensasi.

Komite yang dibentuk oleh Dewan Direksi Apple, dengan tugas untuk mengawasi hal-hal seperti kompensasi eksekutif.

“Komite Kompensasi menyeimbangkan umpan balik pemegang saham, kinerja Apple yang luar biasa, dan rekomendasi dari Tuan Cook untuk menyesuaikan kompensasinya sehubungan dengan umpan balik yang diterima,” ungkap Apple.

BACA JUGA:

Perlu diketahui, sejak tahun 2021 lalu gaji Tim Cook mengalami penurunan. Mulanya USD 94 juta pada 2021, lalu turun USD 84 juta di 2022, dan kini pemotongannya sangat tajam hingga 40% menjadi USD 49 juta di 2023.

Dikutip Telset dari 9to5mac pada Jumat (13/01/2023), bahwa perubahan ini berlaku untuk tahun 2023. Berikut rincian gaji Tim Cook yang akan dibayar pada tahun 2023, setara dengan target kompensasi total sebesar USD 49 juta:

  • Gaji pokok: USD 3 juta
  • Insentif Tunai Tahunan: USD 6 juta
  • Nilai Penghargaan Ekuitas: USD 40 juta

Meski mengalami pemotongan gaji, bisa saja Tim Cook bakal memperoleh penghasilan yang cukup besar di tahun ini asalkan dirinya bisa meningkatkan saham Apple sehingga Cook akan kebagian bonus saham di akhir tahun 2023 mendatang. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0