Pengguna Tokopedia Sumbang Rp 33 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Sumbangan Pengguna Tokopedia Covid-19

Telset.id, Jakarta – Selama pandemi Covid-19, Tokopedia melalui Tokopedia Salam berhasil mengumpulkan donasi dari penggunanya. Pengguna Tokopedia menyumbang Rp 33 miliar untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan jika Tokopedia bersama sejumlah mitra strategis terus fokus membantu pemerintah menangani pandemi melalui tiga inisiatif besar, yaitu Lawan Covid-19, Redam Covid-19 dan Pulih dari Covid-19.

Salah satu tindakan nyata dari inisiatif tersebut adalah mengajak pengguna Tokopedia untuk berdonasi dimana hasil donasi akan disumbangkan supaya pandemi Covid-19 bisa ditangani dengan maksimal.

“Sejak Maret, pengguna Tokopedia telah berdonasi lebih dari Rp 33 miliar yang disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung,” kata Garri melalui keterangan resmi pada Senin (21/09/2020).

{Baca juga: Tokopedia akan Gelar Acara Ulang Tahun Secara Virtual}

Sumbangan Rp 33 miliar sendiri disalurkan dalam bentuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), Ventilator, Rapid Test gratis di sarana publik, bantuan desinfektan untuk masjid, Tunjangan Hari Raya (THR) dan sembako.

Misalnya untuk APD, Tokopedia menyalurkan bantuan berupa APD, multivitamin dan sembako bagi tenaga medis kepada 268 rumah sakit rujukan Covid-19 dan 47 puskesmas di 32 provinsi di seluruh Indonesia.

Lalu Tokopedia juga  menyalurkan donasi untuk pengadaan 54 unit ventilator bagi
pasien di rumah sakit rujukan di Medan, Pontianak, Bandung, Solo, Surabaya dan Jakarta.

Selanjutnya juga mengadakan rapid test gratis di 12 kota dan 17 provinsi zona merah dari Aceh hingga Papua. Tokopedia bersama Dompet Dhuafa dan NU CARE-LAZISNU
juga menyemprotkan disinfektan untuk 528 masjid yang di berbagai wilayah Indonesia.

Terakhir Tokopedia juga menyalurkan 3.821 paket sembako bagi masyarakat dan THR hampir Rp 2 miliar dimana uang tersebut berasal dari program berbagi THR dan
sembako di Tokopedia Salam.

Garri menambahkan jika program ini terus berlanjut hingga PSSB Jilid II dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tokopedia kembali bekerja sama dengan BenihBaik.com, Rumah Zakat dan WeCare.id untuk membuka dua kanal donasi dan mengajak masyarakat untuk membantu pengadaan APD dan multivitamin bagi tenaga medis.

{Baca juga: Collabs Bareng JSD, Transaksi Tokopedia Melonjak 2 Kali Lipat}

“Masyarakat dapat berpartisipasi dalam membantu tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19, dengan berdonasi mulai dari Rp5.000 saat berbelanja atau dengan mengetik ‘Donasi’ pada kotak pencarian aplikasi dan situs Tokopedia,” tambah Garri.

“Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu mereka yang terdampak sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” tutup Garri. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here