Spek Xbox ‘Scorpio’ Bakal Lebih Gahar dari PS4 Neo?

Telset.id, Jakarta – Mungkin Anda pernah mendengar rumor tentang “Project Scorpio” dan PlayStation 4 Neo. Keduanya adalah kode nama yang diberikan untuk proyek-proyek yang dikembangkan Microsoft dan Sony. Rumor terbaru mengungkap Xbox ‘Scorpio’ akan mengusung spek lebih gahar ketimbang PS4 Neo.

Pada dasarnya kedua konsol next-gen ini akan tetap mampu memainkan game PS4 dan Xbox One. Yang istimewa, keduanya mendapatkan peningkatan performa dari sisi hardware, yang memungkinan untuk memainkan game dalam tingkat resolusi Ultra HD atau 4K.

Sebagai informasi, 4K dan UltraHD sederhananya adalah evolusi berikutnya dari teknologi televisi, dan konsol game pada akhirnya juga akan mengikuti evolusi itu. Hal inilah yang dilihat para produsen konsol game untuk meng-upgrade perangkat gaming mereka dari sisi hardware agar mendatakan kualitas tampilan game yang lebih baik dari sebelumnya.

Terkait dengan Project Scorpio yang dikembangkan Microsoft, kabarnya raksasa software ini telah membuat lompatan teknologi yang sangat besar pada konsol game masa depannya itu.

Menurut rumor terbaru yang beredar, Project Scorpio disebutkan menggunakan prosesor grafis yang memiliki kemampuan “40% lebih cepat” daripada yang disiapkan Sony untuk PlayStation 4 Neo.

Bocoran foto motherboard yang akan dipakai di Project Scorpio memperlihatkan chip prosesor grafis dikelilingi oleh apa yang kemungkinan besar merupakan 12GB GDDR5 RAM. Jika melihat hal itu, tak heran jika Project Scorpio diklaim bakal 40% lebih cepat ketimbang PS4 Neo.

Richard Leadbetter dari Digital Foundry mengatakan bahwa spesifikasi tersebut memang akan membuat Microsoft dapat menghadirkan konsol yang jauh lebih canggih dibandingkan PS4 Neo. Tapi dengan spek yang lebih tinggi, tentu akan berimbas pada harga yang lebih mahal.

“Kami tidak akan terkejut melihat Scorpio akan dijual dengan harga yang jauh lebih mahal ketimbang PS4 Neo, bahkan perbedaan harganya mungkin bisa USD 100 atau bahkan lebih,” ujar Leadbetter.

Hal ini tentu saja akan menjadi masalah. Karena, menurut Leadbetter, bagi sebagian besar pengguna, harga merupakan faktor penting saat memutuskan akan membeli sebuah konsol game.

Selain itu, dia juga mengingatkan, ketika pengguna Anda membeli konsol ini, maka mereka juga harus menggunakan televisi 4K atau UHD ready untuk benar-benar bisa menikmati kecanggihan yang ditawarkan konsol tersebut.

Dengan begitu, pengguna tentu akan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk dapat benar-benar bisa menikmati keunggulan teknologi yang ditawarkan Scorpio, karena harus membeli tv dengan kualitas 4K atau UltraHD.

Hal ini tentu saja harus menjadi salah satu pertimbangan Microsoft, sebelum memutuskan untuk merilis konsol game barunya itu ke pasaran. Microsoft pasti tak ingin lagi-lagi dipecundangi sang pesaing, baik dari sisi teknologi maupun penjualan. Karena jika melihat teknologi yang ditawarkan, Microsoft kali ini berpeluang mengungguli Sony.

Seperti diketahui, Microsoft harus mengakui keunggulan rivalnya itu sejak perilisan PS4 beberapa tahun lalu. Konsol game besutan Sony itu sukses menjadi konsol yang lebih laris karena memiliki spesifikasi yang lebih baik. Microsoft nampaknya sudah belajar dari pengalaman itu, dan menjadikan Project Scorpio sebagai momentum untuk membalikkan keadaan.

Meski belum ada informasi tentang tanggal perilisannya, namun kabarnya PlayStation 4 Neo akan dirilis akhir tahun 2016, sementara untuk Proyek Scorpio akan memulai debutnya pada awal 2017. Well, masih ada banyak waktu menyiapkan isi kantong Anda untuk membeli Xbox One generasi mendatang ini. [HBS]

 

 

SOURCEBusiness Insider
Previous articleBos ZTE Sebut IoT akan Bawa Revolusi Industri
Next articleSo Sweet, Pria Ini Menikahi iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here