Seperti Inikah iPhone di Tahun 2020?

Telset.id, Jakarta – iPhone telah memiliki dampak yang sangat besar bagi perkembangan industri smartphone dalam waktu yang sangat singkat. Meski telah berada di puncak kesuksesan, Apple terus masih berinovasi membuat iPhone semakin canggih. Nah, apakah Anda ingin tahu teknologi apa saja yang mungkin hadir di iPhone pada tahun 2020?

Bicara soal iPhone, akan selalu terkait erat dengan inovasi teknologi. Selama hampir satu dasawarsa, Apple telah menghasilkan banyak inovasi baru yang akhirnya banyak diikuti oleh vendor-vendor ponsel lainnya.

Beberapa inovasi yang telah dibuat Apple dan kini menjadi “fitur wajib” di perangkat smartphone seperti misalnya fitur multi-touch (layar sentuh) yang menjadi debut pertama iPhone, App Store, digital assistant Siri, Touch ID, pengolahan 64-bit dan 3D Touch.

Melihat rekam jejak tersebut, maka tak heran jika banyak fans Apple yang sedikit kecewa jika melihat beberapa rumor dan bocoran yang menyebutkan bahwa iPhone 7 tidak akan jauh berbeda dari iPhone 6. Yup, tahun ini Apple memang akan merilis iPhone 7.

Tapi sebaiknya para iPhone fanboy jangan terlalu kecewa dulu. Karena kalau ingin melihat iPhone yang benar-benar berbeda, Anda mungkin bisa berharap pada iPhone 9 atau iPhone yang akan dirilis tahun 2020.

Sekadar informasi, jika Apple masih memegang tradisi siklus perilisan iPhone seperti tahun-tahun sebelumnya, maka seharusnya di tahun ini Apple akan merilis iPhone 7, kemudian iPhone 7s di tahun 2017, tahun 2018 merilis iPhone 8, tahun 2019 merilis iPhone 8s, dan di tahun 2020 akan meluncurkan iPhone 9.

[Baca juga: Apple Lewati iPhone 7s Langsung ke iPhone 8]

Belum lama ini Dr Kevin Curran, ilmuwan dari University of Ulster dan juga pemimpin Ambient Intelligence Research Group, IEEE Technical Expert dan Royal Academy of Engineering/ Trust Leverhulme Senior Research Fellow, memberikan analisanya tentang teknologi apa saja yang mungkin akan dihadirkan pada iPhone 9 di tahun 2020 mendatang.

iPhone masa depan 2Menurut Dr. Curran, iPhone 9 masih akan memiliki interface berbasis sentuhan tapi tidak sebanyak iPhone saat ini. Teknologi di iPhone 9 akan memungkinkan pengguna untuk dapat unlock menggunakan suara atau wajah, dan peran Siri akan semakin ditingkatkan.

Sementara untuk teknologi layarnya, Dr Curren memprediksi iPhone 9 akan menggunakan layar fleksibel, dan tidak lagi menggunakan perlindungan layar dari kristal safir tapi memakai material grafit yang lebih tipis, ringan dan kuat. Selain itu, Apple juga akan mengadopsi teknologi transflective LCD yang dapat merefleksikan sinar langsung dari matahari.

Untuk bagian dalamnya, iPhone 9 diprediksi akan menggunakan prosesor berkecepatan 4GHz yang dikombinasikan dengan RAM 4GB dan internal storage 256GB. Apple juga akan membekali baterai yang lebih besar, sehingga mampu menawarkan battery life setidaknya selama seharian.

Apple juga diramalkan akan mengadopsi fitur fast charging, yang kini sudah banyak digunakan smartphone Android. Wireless charging juga diprediksi menjadi fitur yang ditanyamkan di iPhone 9.

[Baca juga: iPhone Terbaru Bikin Anda Tak Bisa Hidup Tanpanya]

iPhone masa depan VRYang tak kalah menarik dan menjadi fitur andalan adalah dibagian kamera. Dr.Curran memprediksi Apple akan membenamkan teknologi dari LinX Computational Imaging yang belum lama ini diakuisisi senilai USD 20 juta. Dengan teknologi tersebut, iPhone 9 diprediksi mampu bersaing dengan kamera-kamera DSLR.

Dan melihat tren teknologi virtual reality yang mulai dikembangkan para pabrikan, termasuk Apple, maka fitur lain yang akan melengkapi iPhone 9 adalah support headset virtual reality dan sudah mendukung konektivitas 5G.

Well, semua tadi masih berupa ramalan alias prediksi, sehingga tidak ada jaminan kebenarannya. Namun jika melihat trend saat ini dan beberapa hal yang telah dilakukan Apple sebelumnya, maka tidak ada yang tak mungkin bagi Apple untuk menghadirkannya bukan. [HBS]

 

SourceTechradar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI