SCIENCE-TECH

Tiga Orang Tajir Ini akan Wisata ke Luar Angkasa dengan SpaceX

Sigit Nugraha

Telset, Jakarta – Tiga orang super tajir akan menjadi orang-orang pertama yang akan wisata ke stasiun luar angkasa atau ISS. Ketiganya masing-masing membayar USD 55 juta atau setara Rp 771 miliar untuk terbang menggunakan roket SpaceX.

Larry Connor, Mark Pathy, dan Eytan Stibbe akan wisata ke luar angkasa bersama Michael Lopez-Alegria, mantan astronot NASA yang bekerja untuk Axiom Space, perusahaan yang mengatur agenda wisata ke ISS via SpaceX.

Mereka bakal terbang menjelajah antariksa pada Januari 2022 mendatang dari pangkalan Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Mereka lalu singgah beberapa hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional di orbit Bumi.

Kepala Eksekutif dan Presiden Axiom Space, Mike Suffredini, mengatakan bahwa tiga turis tersebut akan menghabiskan waktu sepuluh hari wisata di luar angkasa.

{Baca juga: Tahun Depan, SpaceX Kirim Tiga Turis “Tajir” ke Antariksa}

Delapan hari wisata di ISS sambil melihat-lihat laboratorium sains di sana. Sementara dua hari sisanya adalah waktu perjalanan dari Bumi ke ISS dan sebaliknya.

Kru akan mengalami gravitasi mikro. Di sana, mereka bakal menyatu dengan para astronot yang sudah tinggal di ISS.

SpaceX mengatakan, kapsul luar angkasa yang digunakan sama dengan yang akan dipakai oleh NASA untuk mengirim astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

Perusahaan luar angkasa lain seperti Virgin Galactic milik Richard Branson dan Blue Origin milik Jeff Bezos juga menawarkan paket wisata berharga terjangkau ke luar angkasa dengan jaminan perjalanan beberapa menit.

{Baca juga: SpaceX Sukses Terbangkan Kapsul Crew Dragon, tapi Malah Meledak}

Dikutip Telset dari New York Post, Sabtu (30/1/201), Larry Connor adalah pengusaha real estat dan teknologi dari Dayton, Ohio. Mark Pathy adalah pemodal asal Kanada, sedangkan Eytan Stibbe adalah pengusaha dari Israel.

“Mereka berinisiatif melakukan perjalanan ke luar angkasa demi kemajuan komunitas dan negara masing-masing,” kata Suffredini. Larry Connor, Mark Pathy, serta Eytan Stibbe bakal sama-sama melakukan penelitian sains di orbit. (SN/MF)

Leave a Comment
Sigit Nugraha