SpaceX Sukses Terbangkan Kapsul Crew Dragon, tapi Malah Meledak

Telset.id, Jakarta  SpaceX menuntaskan uji coba terakhir Crew Dragon sebelum resmi mengirim astronot ke luar angkasa. Peluncuran kapsul untuk astronot buatan SpaceX itu dilaksanakan di kawasan Cape Canaveral, dan berakhir dengan ledakan “yang disengaja”.

Seperti dilansir CNET, SpaceX menyatakan bahwa uji coba Crew Dragon berhasil membuktikan bahwa astronot dapat secara aman melarikan diri dari pesawat ruang angkasa jika terjadi keadaan darurat ketika peluncuran.

SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon. Kapsul untuk astronot ini terpisah dari Falcon 9 sekitar 80 detik setelah lepas landas, membersihkan roket, mengubah orientasi dengan menembakkan pendorong.

{Baca juga: Misi Luar Angkasa Batal, Kapsul Boeing Kembali ke Bumi}

Kapsul kemudian mengambil perjalanan via parasut ke Samudra Atlantik. Baik NASA dan SpaceX menyiarkan secara langsung acara itu. SpaceX berharap, Falcon 9 akan pecah dan memicu semacam bola api.

Seperti dikutip Telset.id, Senin (20/01/2020), uji coba berlangsung sesuai harapan. Kru pemulihan mulai bekerja untuk mengambil kapsul setelah kembali ke Bumi. Mereka mengambil puing-puing dari roket yang meledak.

SpaceX mengatakan, operasi pemulihan diperkirakan akan memakan waktu beberapa jam. Terkait uji coba tersebut, administrator NASA, Jim Bridenstine mengucapkan selamat kepada SpaceX atas keberhasilan yang dilakukan.

{Baca juga: Hiii… SpaceX Terbangkan Monster Tikus ke Luar Angkasa}

Pendiri SpaceX, Elon Musk, menggambarkan momen uji coba itu sebagai sebuah “gambar sempurna”. “Melihat hasil dalam uji coba kali ini, saya sangat bersemangat. Semuanya berjalan bagus,” terangnya.

Tes ini menandai tonggak penting dalam pengembangan Crew Dragon untuk Program Crew Komersial NASA. SpaceX dan Boeing bekerja sama dengan NASA untuk meluncurkan astronot dari AS ke Stasiun Luar Angkasa di masa mendatang. (SN/MF)

SourceCNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...

Kangen Kampus, Mahasiswa Ini Kuliah di Minecraft

Telset.id, Jakarta  – Saking kangennya sama kampus lantaran lama tak studi, mahasiswa Universitas Ashoka di India membuat simulasi kuliah...
- Advertisement -