Manchester City Bikin Syal Canggih, Bisa Pantau Emosi Fans

Telset.id, Jakarta – Manchester City membuat syal yang didukung oleh teknologi canggih. Syal canggih itu tidak hanya mampu membuat leher terasa hangat, tetapi juga bisa memantau emosi penggemar.

Sebagai salah satu klub sepak bola terkenal, Manchester City kerap membuat berbagai merchandise seperti jersey, jaket, mug, stiker, gantungan kunci dan syal dan lainnya.

Selain sebagai barang koleksi, biasanya merchandise dipakai para penggemar ketika mereka menyaksikan pertandingan Mancherster City melawan tim-tim di Liga Inggris dan Eropa.

Klub berjuluk The Citizens ini merilis syal yang didukung oleh teknologi canggih. Dikutip Telset dari Engadget, syal canggih bernama Connected Scarf itu dibuat hasil kerja sama dengan perusahaan teknologi Cisco.

Sesuai namanya, syal Connected Scarf tersebut didukung oleh sensor EmotiBit untuk melacak detak jantung, suhu tubuh, dan keadaan emosional pemakainya selama pertandingan.

BACA JUGA: 

Saat ini syal masih dalam tahap pengembangan. Selama masa uji coba, Manchester City dan Cisco akan memberikan syal pintar ini kepada enam orang penggemar untuk memakainya saat menonton Kevin De Bruyne dkk berlaga.

Ketika pertandingan sedang berjalan, syal merekam data terkait kondisi tubuh dan emosi penggemar. Terutama di 120 momen menarik, selama pertandingan berlangsung.

Tujuannya untuk mengetahui bagaimana perasaan penggemar ketika menonton pertandingan. Dengan begitu, Manchester City bisa mengetahui kondisi penggemar lebih dalam.

syal canggih manchester city

“Dengan menggunakan data, kami akan dapat lebih memahami penggemar. Ini memberikan kesempatan untuk menjadi lebih inklusif dan belajar lebih banyak tentang peran olahraga di semua kehidupan kita,” ujar Chintan Patel, Chief Technology Officer Cisco UK dan Irlandia.

Perusahaan berencana untuk membawa syal canggih ini ke penggemar Manchester City musim depan, tetapi tidak menyebutkan apakah aksesori itu akan dijual secara bebas atau terbatas.

BACA JUGA: 

Perlu diketahui kalau syal canggih ini menambah daftar teknologi yang digunakan, di dunia olahraga. Sebab, selama 2 dekade terakhir, berbagai teknologi telah diterapkan di sepak bola atau olahraga lainnya dan biasanya digunakan untuk menganalisa data pemain.

Akan tetapi, syal ini cukup unik karena dapat menganalisa perasaan penggemar sepak bola yang selama ini menjadi salah satu elemen penting di sebuah pertandingan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0