Kasur dan Bantal Ini Bisa Bikin Orang Tidur Lebih Cepat

Telset.id, Jakarta – Kasur dan bantal ciptaan para insinyur ini mempunyai sistem unik, menggunakan pemanas dan pendingin untuk mengelabui tubuh manusia.

Kasur dan bantal buatan para insinyur di Amerika Serikat itu bisa membuat manusia tertidur lebih cepat berkat sistem inovatif yang berhasil dikembangkan.

Tidur dimungkinkan ketika suhu tubuh menurun pada malam hari sebagai bagian dari siklus 24 jam. Karenanya, kasur baru ini memicu rasa kantuk siapa saja.

Seperti Telset kutip dari Gadgets360, Senin (25/7/2022), kasur tersebut membantu orang tertidur lebih cepat sekaligus bisa untuk meningkatkan kualitas tidur.

“Kami memfasilitasi kesiapan untuk tertidur dengan cara memanipulasi sensor sensitif suhu tubuh internal,” terang Shahab Haghayegh, rekan penulis studi.

Tujuannya, imbuh peneliti dari Sekolah Kedokteran Harvard, untuk menyesuaikan termostat tubuh secara singkat sehingga suhu lebih tinggi dari sebenarnya.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research, para ilmuwan berujar bahwa kasur menargetkan kulit di leher dengan bantal penghangat.

Sebab, bagian tubuh itu merupakan termostat yang penting bagi manusia. Kasur dirancang untuk mendinginkan area tengah tubuh sambil memanaskan leher.

Tak hanya leher, tangan dan kaki juga dipanaskan oleh sistem kasur untuk meningkatkan aliran darah. Tujuannya untuk menghilangkan suhu panas tubuh.

Para peneliti bereksperimen dengan dua versi kasur. Pertama, menggunakan air. Kedua, memakai udara. Dua-duanya untuk memanipulasi suhu inti tubuh.

BACA JUGA:

Mereka menguji kasur dengan 11 subjek, diminta tidur dua jam lebih awal, beberapa malam pakai fungsi pendinginan-pemanasan dan malam lainnya tidak.

Tim menemukan bahwa pemanasan dan kasur pendingin-penghangat membantu mereka tertidur lebih cepat. Persentasenya bisa mencapai 58 persen lebih cepat.

Tim menjelaskan, menurunkan suhu tubuh internal secara signifikan tidak hanya mempersingkat waktu untuk tertidur, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur.

Tim telah memiliki paten untuk teknologi kasur dan bantal pendingin-penghangat. Mereka mencari kemitraan dengan perusahaan untuk mengomersialkannya. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0