telset

Mirip Smartwatch, Masker FaceBit Bisa Deteksi Detak Jantung dan Stres

Telset.id, Jakarta – Masker saat ini tak cuma mencegah partikel virus saja. Tim peneliti asal Amerika Serikat telah mengembangkan masker N95 bernama FaceBit dengan fitur seperti smartwatch, karena bisa mendeteksi tingkat stres pengguna dan mengukur detak jantung.

Tim peneliti dari Northwestern University yang dipimpin Josiah Hester berhasil mengembangkan masker canggih FaceBit dengan fitur yang mirip smartwatch saat ini.

Dilansir Telset dari Engadget pada Rabu (19/1/2022), FaceBit merupakan masker jenis N95 yang didukung sensor magnetis untuk mendeteksi detak jantung pengguna. Cara kerja sensor ini mengukur detak jantung yaitu dari gerakan halus di kepala yang terjadi akibat proses pemompaan darah.

Baca juga: Masker dan Sneakers Banyak Diburu di Tokopedia

Selain detak jantung, FaceBit juga mampu mendeteksi tingkat stress pengguna. Dengan mengamati prilaku pernafasan dan detak jantung, masker akan memberikan informasi ke pengguna bahwa mereka sedang stress dan butuh istirahat.

Sedangkan untuk menjaga agar pengguna terlindung dari polusi atau bahaya Covid-19, masker N95 FaceBit memiliki sensor yang bisa melacak kebocoran pada masker. Tujuannya agar pengguna bisa mengganti atau memasang masker supaya lebih rapat.

Semua data tersebut akan masuk ke dalam aplikasi yang sudah terhubung dengan masker. Dengan begitu, pengguna bisa melihat data tersebut dari smartphone.

Mengenai pengisian daya, produk prototipe FaceBit masih didukung oleh baterai serta dan energi dari kekuatan pernapasan, panas, gerakan, dan Matahari. Untuk sekali pengisian, masker akan mampu bertahan selama 11 hari.

Namun di masa depan, peneliti Northwestern University ingin menciptakan produk ini bebas baterai. Bagi yang penasaran untuk menggunakan FaceBit, tampaknya harus bersabar karena masker N95 canggih ini harus melalui uji klinis dan tes lain sebelum siap digunakan oleh orang banyak.

Lalu jika resmi dirilis, peneliti ingin FaceBit bisa digunakan untuk tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Alasannya demi menjaga keselamatan tenaga medis saat bertugas, dan mencegah kelelahan menangani pasien.

Baca juga: Razer Bikin Masker Paling Canggih Sedunia

Memang harus diakui jika di masa pandemi perusahaan teknologi dan akademisi berlomba-lomba menciptakan masker berteknologi canggih. Contohnya sebelum ada FaceBit, LG telah meluncurkan LG PuriCare.

Kecanggihan LG PuriCare adalah mampu menyaring udara bersih dari dalam dan luar ruangan, sehingga pernapasan pengguna menjadi lebih lancar. Produk ini sudah dijual di pasaran termasuk Indonesia dengan harga mulai dari Rp 2,5 jutaan. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0