telset

Spesifikasi dan Kelebihan Prosesor Intel Core Gen 11 Tiger Lake

Telset.id, Jakarta – Intel menyediakan jajaran prosesor lengkap untuk perangkat laptop atau PC. Salah satu yang terbaru adalah Intel Core gen-11 dengan codename Tiger Lake H. Berikut spesifikasi dan fitur dari prosesor Intel Core Tiger Lake.

Intel Core Tiger Lake adalah prosesor laptop generasi terbaru. Prosesor ini dibuat dengan arsitektur baru yang beih meningkat dari versi prosesor Intel Ice Lake generasi sebelumnya.

Tiger Lake menjanjikan tidak hanya peningkatan kinerja CPU tetapi juga hadir dengan grafis XE baru besutan Intel. Dengan grafis Xe baru Intel, chip Tiger Lake disebut dapat memberikan peningkatan yang signifikan untuk urusan grafis grafis.

Baca Juga: Intel Foundry Services Produksi Chip untuk Qualcomm

Prosesor Intel Tiger Lake telah resmi dirilis dalam varian Core i3, i5, dan i7. Dengan ini vendor bisa memilih menggunakan prosesor yang paling sesuai dengan perangkat buatannya.

Spesifikasi dan FItur Intel Tiger Lake

Intel Tiger Lake

Chip Intel Tiger Lake dibangun di atas node 10nm yang diperkenalkan di CPU Ice Lake tahun lalu. Namun kali ini chip tersebut hadir dengan kemampuan CPU yang ditingkatkan lebih dari 20 persen, dan kinerja GPU dua kali lipat lebih baik berkat grafis Intel Iris Xe yang baru.

Sama seperti Ice Lake, chip laptop Tiger Lake dibagi menjadi dua kelompok, satu untuk laptop ultraportabel yang menawarkan kombinasi antara kinerja dan konsumsi daya, dan satu lagi untuk laptop tipis dan ringan yang tidak membutuhkan banyak performa tinggi.

Dengan Tiger Lake, Intel tetap menggunakan konfigurasi Core i7, i5, dan i3 yang sama. Tetapi ini akan bervariasi dalam kecepatan clock, kinerja grafis, dan daya desain termal (TFP).

Baca Juga: Keunggulan Prosesor Desktop Intel “Rocket Lake-S”

Varian teratas adalah Core i7-1185G7 yang memiliki spesifikasi CPU quad-core, delapan-thread yang memiliki clock hingga 4,8GHz pada satu inti dan 4,3GHz di semua inti.

Dengan memori cache 12MB, ini adalah CPU Tiger Lake yang paling kuat. Ia juga dilengkapi dengan akselerator grafis Intel Xe yang paling kuat, dengan 96 execution unit (EUs), yang hampir dua kali lipat dari GPU Ice Lake Iris Plus kelas atas, yang memiliki 64 EU.

Sementara untuk Core i5-1135G7 hadir dengan desain empat-inti, delapan-core yang memiliki clock hingga 4,2GHz dan kecepatan multi-core 3,8GHz. Prosesor ini memiliki cache 8MB dan grafik Intel Xe yang mendukung 80 EU.

Untuk seri Core i3-1125G4 sangat mirip dengan Core i5, hanya saja tidak memiliki grafis Iris Xe dan malah menggunakan kartu grafis Intel UHD Graphics. Ini juga mendukung RAM LPDDR4x-3733 dan hanya memiliki kecepatan 3,7GHz pada satu core inti dan 3,3GHz pada keempat core lainnya.

Baca Juga: MediaTek akan Bawa Teknologi 5G untuk PC

Pada seri Core i3 memiliki saudara kandung yang disebut Intel Core i3-1115G4. Varian lain dari Core i3 ini dilengkapi dengan memori cache 6MB dan berjalan hingga kecepatan 4,1GHz pada kedua intinya.

Kinerja grafis tentu tak lepas dari sorotan. Intel Core Tiger Lake menggunakan GPU Intel Xe yang terintegrasi. Seperti dikutip dari Toms Guide, Intel Iris XE bisa menjalankan game terbaru dengan resolusi 1080p dan frame rate yang cukup lancar.

Intel Core Gen 11

Intel memamerkan video seseorang yang memainkan Counter-Strike: Global Offensive pada laptop ultra portable dengan grafis Iris Xe. Ditambah lagi game seperti Hitman 2, Far Cry New Dawn dan Borderlands 3 semuanya dapat dimainkan pada 1080p.

Intel tidak mengatakan pengaturan grafik seperti apa yang akan dijalankan game tersebut, tetapi mereka tampaknya memberikan grafik yang dapat dimainkan untuk game pada 30 fps dengan lancar.

Chip Prosesor seri H juga mendukung memori DDR4 hingga 3200Mhz dan LPDDR4/x hingga 4266 MHz.

Baca Juga: Peluncuran Prosesor 7nm Intel Ditunda Hingga 2023

Konektivitasnya mengandalkan Intel Killer Wi-Fi 6/6E (Gig+), membuat para penggemar game bisa memainkan permainan terbaiknya sambil download atau streaming video favorit pada saat bersamaan.

Kinerja kartu grafis yang terintegrasi 2x lebih cepat dibandingkan prosesor Intel Core Gen ke-10 H-Series. Juga tersedia 20 jalur PCIe Gen 4.0 – 16 jalur digunakan untuk kartu grafis Xe-LP yang terintegrasi, sementara 4 jalur dari CPU dipakai untuk koneksi bandwidth tertinggi dengan kartu grafis tertentu, seperti NVidia.

Didukung juga fitur Thunderbolt 4 yang bisa memindahkan data dengan kecepatan 40GB/s, 4x lebih cepat dibandingkan USB 3.1. Satu port Thunderbolt 4 dapat terhubung hingga ke dua monitor DisplayPort atau HDP 4K 60 Hz melalui dock yang kompatibel atau adaptor.

Baca Juga: Tiger Lake Jadi Senjata Intel untuk Tundukkan Apple

Laptop semacam itu tidak akan menggantikan konsol atau laptop game khusus, tetapi mereka memberi perangkat yang tipis dan ringan dengan sedikit lebih banyak kekuatan dan fleksibilitas.

Prosesor ini juga disebut cocok dengan orang-orang yang membutuhkan laptop untuk keperluan pengeditan video atau foto saat bepergian. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0