Bareng Intel, MediaTek akan Bawa Teknologi 5G untuk PC

5G untuk PC

Telset.id, Jakarta – MediaTek kembali mengumumkan projek kerjasama yang mereka lakukan bersama Intel. Kedua perusahaan teknologi tersebut akan menghadirkan pengalaman 5G untuk PC generasi selanjutnya.

Modem MediaTek T700 5G, yang akan digunakan untuk menghadirkan konektivitas 5G untuk PC yang menggunakan prosesor Intel, berhasil melakukan panggilan 5G standalone (SA) dalam skenario pengujian dunia nyata.

“Dengan pengalaman Intel yang kaya dalam PC dan teknologi modem 5G canggih dari MediaTek, kami akan mendefinisikan ulang pengalaman laptop dan menghadirkan pengalaman 5G terbaik bagi para pelanggan,” ujar Joe Chen, President MediaTek.

{Baca juga: MediaTek Rilis MT3729, Prosesor yang Ideal untuk Data Center}

Selain itu, Intel telah berhasil melakukan integrasi, validasi dan pengembangan optimasi platform sistem untuk pengalaman unggul bagi pengguna dan menyiapkan dukungan rekayasa besama untuk para mitra OEMnya.

“Kami sangat senang melihat perkembangan cepat yang dilakukan bersama MediaTek dalam solusi modem 5G kami dengan percobaan bersama pelanggan di kuartal ini,” kata Chris Walker, Corporate Vice President dan General Manager, Mobile Client Platforms, Intel.

“5G akan semakin mengubah cara kita terhubung, berkomputasi dan berkomunikasi. Intel berkomitmen meningkatkan kemampuan-kemampuan tersebut di PC-PC terbaik di dunia,” sambungnya.

Modem MediaTek T700 mendukung arsitektur 5G Sub-6 non-standalone dan standalone untuk menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi dan konektivitas yang lebih handal.

Di manapun konsumen berada, mereka bisa menjelajah web, stream dan bermain game di kecepatan 5G yang sangat cepat.

{Baca juga: MediaTek Dimensity 720, Chipset 5G untuk Smartphone Mid-End}

Modem MediaTek juga sangat efisien penggunaan dayanya, memperpanjang umur baterai di laptop sehingga konsumen tidak perlu terlalu sering mengisi ulang baterenya.

MediaTek meluncurkan teknologi 5G tingkat lanjutnya di PC, mobile, rumah, otomotif, dan IoT guna membuat konektivitas ultra-cepat bisa diakses semua orang.

Laptop-laptop yang menggunakan solusi modem 5G MediaTek dan Intel diharapkan hadir di awal tahun 2021.

Sebelumnya MediaTek juga mengumumkan ketersediaan prosesor MT3729 untuk data center. Chipset ini dirancang kebutuhan transmisi data cepat, tetapi dengan daya sangat rendah untuk data center dan infrastruktur 5G.

Prosesor MediaTek MT3729 menggunakan teknologi 56G PAM4 SerDes yang menyediakan transfer data aman, handal, dan berkecepatan tinggi bagi infrastruktur data center yang modern.

{Baca juga: MediaTek Siapkan Dimensity 600, Ponsel 5G Bisa Lebih Murah}

Menurut MediaTek, Permintaan data center untuk jaringan 400GbE dan lebih tinggi diperkirakan akan bertumbuh hingga akhir tahun ini.

Prosesor MediaTek MT3729 sendiri dinilai ideal untuk line card atau switch fabric guna membangun server, switch, dan router jaringan multi-terabit dengan sambungan data kecepatan tinggi yang aman.

Lini produk prosesor MediaTek MT3729 sekarang sudah tersedia, dengan produk-produk pertama sedang dalam pengembangan. (HR/HBS)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here