Snapdragon AR2 Gen 1, Chipset untuk Kacamata AR di “Metaverse”

Telset.id, Jakarta – Selain merilis chipset flagship terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, Qualcomm juga meluncurkan chipset Snapdragon AR2 Gen 1 yang digunakan untuk  kacamata AR (Augmented Reality).

Chip untuk Qualcomm Extended Reality (XR) ini diklaim memberikan terobosan teknologi AR yang akan membuka generasi baru kacamata yang ramping dan berkemampuan tinggi.

Dengan chipset baru ini, Qualcomm ingin merevolusi faktor bentuk kacamata pintar yang mengantarkan pengguna masuk ke era baru dengan pengalaman komputasi spasial untuk menikmati dunia nyata dan metaverse.

BACA JUGA:

Chipset ini dibangun di atas arsitektur pemrosesan terdistribusi multi-chip yang dikombinasikan dengan blok IP yang disesuaikan. Qualcomm mengklaim platform baru ini memberikan kinerja AI 2,5x lebih baik daripada Snapdragon XR2 Gen 1.

Tidak cuma itu, chipset Snapdragon AR2 Gen 1 juga sangat hemat daya, karena hanya mengkonsumsi daya 50% lebih sedikit dari chipset sebelumnya. Hal itu menjadikannya ideal untuk kacamata AR yang mengkonsumsi daya kurang dari 1W.

Chipset Snapdragon AR2 Gen 1 terdiri dari prosesor AR, koprosesor AR, dan platform konektivitas. Prosesor AR dioptimalkan untuk latensi gerak-ke-foton rendah sambil mendukung hingga sembilan kamera secara bersamaan untuk pemahaman pengguna dan lingkungan.

Sedangkan Koprosesor AR mengumpulkan data dari kamera dan sensor yang terhubung, memungkinkan fitur seperti pelacakan mata dan autentikasi iris untuk rendering foveated.

Untuk konektivitas, chip ini menggunakan sistem FastConnect 7800 dan menghadirkan dukungan untuk teknologi Wi-Fi 7 terbaru, dengan latensi kurang dari 2 ms antara kacamata AR dan smartphone atau perangkat host.

Chip ini juga mampu membongkar tugas-tugas kompleks ke smartphone, PC, atau perangkat host lain yang didukung Snapdragon untuk mengurangi latensi dan menawarkan pengalaman visual yang lebih halus.

BACA JUGA:

Qualcomm mengatakan sudah bekerja sama dengan beberapa produsen perangkat untuk menghadirkan kacamata pintar AR generasi baru yang menampilkan Snapdragon AR2 ke pasar, seperti Lenovo, LG, Oppo, TCL, Xiaomi, Pico, QONOQ, Rokid, Sharp, Tencent, dan Vuzix.

Namun hingga kini masih belum ada informasi ketersediaan perangkat AR apa pun dari merek-merek yang disebutkan di atas. Kita tunggu saja, pabrikan apa yang pertama akan meluncurkan kacamata pintar AR yang ditenagai chipset Snapdragon AR2. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0