Ada Masalah Desain, Peluncuran Kacamata AR Apple Ditunda

Telset.id, Jakarta – Sudah cukup lama Apple diketahui sedang menggarap Kacamata AR (Augmented Reality), dan sempat dikabarkan sudah siap diluncurkan. Namun kabar terbaru menyebutkan peluncuran Apple AR Glasses mengalami penundaan.

Para fans Apple nampaknya harus lebih bersabar, karena Apple mengalami kendala masalah desain yang menyebabkan peluncuran Apple AR Glasses menjadi ditunda.

Sebelumnya raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini dikabarkan akan meluncurkan Apple AR Glasses di tahun 2022. Tapi kabar terbaru menyebutkan rencana peluncuran itu bakal molor waktunya.

Menurut laporan analis Jeff Pu dari Haitong International Tech Research mengungkapkan bahwa rencana peluncuran kacamata AR Apple mengalami penundaan hingga beberapa tahun ke depan.

BACA JUGA:

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Kacamata pintar AR Apple ditunda peluncurannya hingga tahun 2025 atau 2026 mendatang. Penyebab utama penundaan ini karena perangkat mengalami masalah desain.

Jika melihat waktu penundaannya yang cukup lama, sekitar 3 hingga 4 tahun, tampaknya Apple AR Glasses mengalami masalah yang cukup besar. Mengingat laporan sebelumnya dari Jeff Pu yang mengindikasikan bahwa perangkat augmented reality dari Apple itu dapat diumumkan segera di tahun 2024.

Sampai sekarang, tidak ada informasi yang lebih detil tentang masalah apa sebenarnya yang dihadapi. Apple hanya mengatakan mengalami kendala “masalah desain”, yang jika diartikan cukup luas karena bisa mencakup sisi estetika hingga desain teknis.

Meski menunda peluncuran perangkat AR, namun perusahaan masih bertekad untuk menjadikan Augmented Reality sebagai prioritas utama. Hal ini sesuai dengan pernyataan CEO Apple Tim Cook yang mengatakan percaya bahwa teknologi AR akan menjadi salah satu hal besar berikutnya.

Pada tahun lalu dikabarkan juga perangkat AR Apple ini akan menjadi perangkat mandiri. Jadi headset augmented reality tersebut tidak akan memiliki ketergantungan kepada iPhone atau MacBook.

Selain itu, ada juga sedikit bocoran chipset yang digunakan nantinya akan setara dengan chip Apple M1, yang berarti headset AR Apple ini ditenagai chip kelas atas. Perangkat AR ini juga akan menggunakan dua layar mikro-OLED beresolusi 4K yang dibuat Sony.

BACA JUGA:

Penggunaan chip kelas atas ini berhubungan dengan penggunaan layar beresolusi 4K, yang membutuhkan daya komputasi yang besar. Apple juga sudah menyiapkan beberapa fitur AR di iPhone.

Meskipun masih lama diluncurkan, tapi akan menarik untuk melihat apa yang dibawa perangkat AR Apple, yang jika tidak mengalami penundaan akan diluncurkan pada 2025 atau 2026 mendatang. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0