Robot 5G Ini Mampu Meracik Minuman Ala Bartender Profesional

Telset.id, Jakarta – Di tengah serbuan smartphone, laptop dan tablet canggih, ajang MWC 2022 kemarin juga dimeriahkan oleh kehadiran robot berteknologi 5G yang mampu membuat minuman layaknya bartender profesional.

Dilansir Telset dari Telefonica pada Jumat (4/3/2022), robot ini dibuat berkat kerja sama antara Telefonica, Macco Robotics, Bee the Data by ImmersiveLab dan Raventos Codorniu.

Kolaborasi antara perusahaan teknologi dan produsen wine itu sukses membuat robot bartender 5G bernama Kime. Robot Kime memiliki bentuk yang mirip manusia dengan bodi berwarna putih.

Robot mampu membuat 4 jenis meniuman yaitu jus, anggur, koktail dan Raimat Wine spesial buatan dari produsen anggur Raventos Codorniu.

Baca juga: Robot Koki Layani Atlet di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Dalam pengoperasiannya, Kime didukung oleh teknologi 5G dan Edge Computing agar robot bisa bergerak secara otomatis serta menjalankan banyak fitur.

Pasalnya robot didukung oleh fitur face recognition dari Bee the Data by ImmersiveLab. Fitur face recognition memungkinkan robot melakukan pelayanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan yang sudah terdaftar sebagai pelanggan tetap.

Maksudnya ketika ada pelanggan tetap datang kembali, robot bisa menyapa nama pelanggan serta menyajikan minuman mereka dengan mudah.

Lalu robot juga memiliki fitur fungsi multibahasa terintegrasi, sehingga robot bisa berinteraksi dengan pelanggan dalam beberapa bahasa.

Lebih lanjut, disematkan pula fitur informasi mengenai waktu antrian, fitur untuk mengidentifikasi kebutuhan permintaan pelanggan serta fitur untuk memberikan peringatan jika terjadi keramaian pelanggan yang mengantre.

Menurut CEO Macco Robotics, Victor Martin robot Kime cocok dihadirkan di industri perhotelan karena mampu memberikan model bisnis baru di industri tersebut.

“Robotika akan tetap ada, karena memberikan nilai tinggi yang secara substansial meningkatkan pengoperasian di sektor ini, serta menjamin keamanan pangan,” ujar Victor.

“Penggabungan robotika dalam industri perhotelan memungkinkan kami untuk menghasilkan model bisnis baru,” tambahnya.

Baca juga: Robot Bedah STAR Lakukan Operasi Pertama Tanpa Bantuan Manusia

Bukan cuma membuat bisnis baru, robot Kime juga mampu memberikan pelayanan yang maksimal karena bisa memberikan pelayanan selama 24 jam.

“Robotika menjadi lebih masuk akal, karena memungkinkan kami untuk menawarkan layanan 24 jam dalam keadaan apa pun dan semuanya bisa dilakukan melalui ponsel,” ungkap Victor. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0