Bos AMD Konfirmasi Chipset Exynos Terbaru Gunakan GPU AMD Radeon

Telset.id, Jakarta –  Selain mengungkap produk baru saat menyampaikan keynote virtual di ajang Computex 2021, CEO AMD Dr. Lisa Su juga mengonfirmasi bahwa teknologi GPU AMD Radeon dipastikan akan mendukung chipset Samsung Exynos generasi terbaru.

Konfirmasi dari bos AMD ini menjawab rumor tentang kolaborasi Samsung dan AMD yang akan menciptakan chipset Exynos terbaru dengan teknologi GPU AMD.

Lisa Su mengatakan bahwa arsitektur grafis AMD RDNA 2 akan hadir di chipset flagship Samsung Exynos terbaru. Namun Lisa tidak memberikan keterangin secara detil, karena masing-masing perusahaan akan segera mengumumkan produk mereka sendiri.

{Baca juga: Samsung Siapkan Exynos 2200, jadi Penantang Chipset Apple M1}

Seperti diketahui, Samsung dan AMD mengumumkan kemitraan mereka pada Juni 2019. Kolaborasi kedua perusahaan ini memunculkan rumor yang menyebutkan chipset Exynos terbaru akan didukung GPU AMD.

Hanya berselang beberapa bulan, rumor itu akhirnya semakin jelas setelah Korea Economic Daily mengungkapkan bahwa Samsung memiliki rencana untuk mengumumkan chipset Exynos pertama dengan grafis AMD Radeon yang dapat dirilis paling cepat pada tahun 2021.

Rumor itu akhir dikonfirmasi oleh CEO AMD Dr. Lisa Su saat menyampaikan keynote virtual di panggung Computex 2021. Su mengumumkan bahwa prosesor Exynos untuk smartphone flagship Samsung berikutnya akan menggunakan grafis berbasis Radeon RDNA 2.

Samsung sendiri baru akan mengungkap prosesor terbarunya secara lebih rinci pada akhir tahun ini, menjelang diluncurkannya smartphone flagship andalannya pada awal tahun depan.

Exynos 2200 Pesaing Apple M1

Chipset Exynos GPU AMD

Meski pihak Samsung dan AMD hingga kini belum menyebut nama, tapi menurut rumor yang sudah beredar kencang menyebutkan bahwa chipset Samsung yang didukung teknologi GPU dari AMD akan menyandang nama Exynos 2200.

Rumor menyebutkan bahwa chipset ini nantinya bakal bisa digunakan di perangkat smartphone dan juga laptop. Chipset Exynos generasi berikutnya dari Samsung ini akan dibangun dengan menggunakan arsitektur 5nm, yang menawarkan fungsi komputasi tingkat lanjut dan efisiensi baterai yang lebih baik.

{Baca juga: Samsung Garap Chipset Exynos Khusus PC Windows}

Selain itu, GPU AMD Radeon yang nantinya akan digunakan chipset Exynos terbaru akan mampu menghadirkan performa laptop yang setara PC dengan performa grafis yang tinggi.

Exynos 2200 sendiri disebutkan akan menjadi pesaing utama chipset M1 buatan Apple yang sudah digunakan iPad Pro terbaru. Apple sendiri sebelumnya dikabarkan telah memulai transisinya ke prosesor berbasis Arm dengan grafis buatan sendiri.

Chipset Exynos terbaru ini juga bakal bersaing langsung dengan chipset Snapdragon 8cx Gen 2, yang sudah diumumkan oleh Qualcomm sekitar September tahun lalu.

Samsung sendiri selama ini menggunakan dua varian chipset sebagai opsi pilihan smartphone flagship mereka, yakni opsi chipset Exynos buatan mereka sendiri, dan opsi chipset Qualcomm Snapdragon. Kedua opsi diberikan tergantung wilayah penjualannya.

Menurut informasi, chipset Samsung Exynos 2200 awalnya hanya akan digunakan pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Tetapi pada akhirnya penggunaan chipset ini akan diperluas ke perangkat lainnya, yakni smartphone dan tablet.

Jika penggunaannya diperluas ke perangkat lain, besar kemungkinan bahwa chipset ini juga akan mungkin digunakan di Galaxy S22. Begitu juga dengan perangkat tablet seperti Galaxy Tab S8 atau Galaxy Z Fold Tab.

{Baca Juga: Trio Flagship Samsung Ini Bakal Gantikan Peran Galaxy Note}

Sebelumnya, dilaporkan kalau jadwal peluncuran seri Galaxy Note diambil alih oleh trio flagship Samsung, yakni Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3, dan Galaxy S21 FE.

Menurut laporan dari Yonhap News, Samsung akan menggelar acara Unpacked 2021 antara awal dan pertengahan Agustus mendatang. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -