Samsung Siapkan Exynos 2200, jadi Penantang Chipset Apple M1

Telset.id, JakartaSamsung dikabarkan tengah menggarap sebuah chipset baru yang akan menantang Apple M1. Chipset Samsung yang dinamai Exynos 2200 ini juga didukung teknologi GPU dari AMD.

Kabar ini muncul dari Korea Economic Daily, yang mengungkapkan bahwa Samsung memiliki rencana untuk mengumumkan kehadiran sebuah prosesor high-end pada paruh kedua tahun 2021.

Chipset high-end dari Samsung yang dimaksud tersebut adalah Exynos 2200. Rumor menyebutkan bahwa chipset ini nantinya bakal bisa digunakan di perangkat smartphone dan juga laptop.

{Baca Juga: 10 HP Samsung Terbaru Mei 2021, Rekomendasi HP Buat Lebaran}

Samsung Exynos 2200 Gunakan GPU dari AMD?

Samsung Exynos 2200 ini kabarnya akan menjadi chipset pertama yang menggunakan teknologi GPU dari AMD. Perjanjian lisensi dengan AMD diumumkan pada pertengahan 2019 yang lalu, tetapi Samsung sama sekali belum merilis produk yang menggunakan teknologi dari AMD.

Prosesor Exynos generasi berikutnya dari Samsung ini akan dibangun dengan menggunakan arsitektur 5 nm. Arsitektur ini menawarkan fungsi komputasi tingkat lanjut dan efisiensi baterai yang lebih baik.

{Baca Juga: Samsung Pasok Layar LTPO AMOLED 120Hz untuk iPhone 13 Pro}

Awalnya chipset Samsung Exynos 2200 dari Samsung ini hanya akan digunakan pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Tetapi pada akhirnya penggunaan chipset ini akan diperluas ke perangkat lainnya.

Jika penggunaannya diperluas ke perangkat lain, besar kemungkinan bahwa chipset ini juga akan mungkin digunakan di Galaxy S22. Begitu juga dengan perangkat tablet seperti Galaxy Tab S8 atau Galaxy Z Fold Tab.

Sebelumnya, dilaporkan kalau jadwal peluncuran seri Galaxy Note diambil alih oleh trio flagship Samsung, yakni Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3, dan Galaxy S21 FE.

Menurut laporan dari Yonhap News, Samsung akan menggelar acara Unpacked 2021 antara awal dan pertengahan Agustus mendatang.

{Baca Juga: Trio Flagship Samsung Ini Bakal Gantikan Peran Galaxy Note}

Di acara tersebut, Samsung tidak akan memperkenalkan Galaxy Note generasi terbaru. Perusahaan asal Korea ini bakal merilis seri flagship Samsung Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3, dan Galaxy S21 FE di waktu yang bersamaan.

Strategi berbeda yang diaplikasikan Samsung ini diharapkan bakal mengisi celah yang ditinggalkan oleh seri Galaxy Note. Selain itu, Samsung pun tak ingin memiliki celah rilis yang terlalu besar antara seri Galaxy S21 dengan flagship terbaru mereka. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -