Samsung Garap Chipset Exynos Khusus PC Windows

Telset.id, Jakarta – Samsung dikabarkan tengah menggarap SoC terbaru, dipanggil Exynos 1000. Namun prosesor ini tidak diperuntukan bagi  smartphone, melainkan perangkat PC berbasis Windows.

Dalam hal spesifikasi, prosesor Exynos terbaru ini akan menampilkan litografi 5nm, yang membuatnya memiliki efisiensi daya dan performa yang sangat baik. Inti yang digunakan adalah Cortex-X1 yang baru saja diumumkan oleh ARM beberapa waktu lalu.

Sayangnya, belum banyak detail yang dibocorkan mengenai prosesor Exynos untuk Windows PC ini.

{Baca Juga: Exynos 992 dengan Fabrikasi 5nm EUV Dipersiapkan, Untuk Note 20?}

Selain rencana untuk memperkenalkan Exynos 1000, perusahaan asal Korea Selatan ini juga dilaporkan telah mengembangkan versi khusus PC dari Exynos 990. Namun melihat performa Exynos 990 pada perangkat Galaxy S20 series yang dinilai kurang memuaskan, Samsung sepertinya tidak percaya diri untuk memperkenalkan chipset tersebut lebih awal.

Beberapa waktu lalu Samsung pernah dituntut oleh para konsumennya yang menggelar petisi secara online. Dalam tuntutan tersebut, Samsung diminta untuk menggunakan chipset Snapdragon dari Qualcomm pada perangkat flagship mereka. Hal tersebut lantaran performa dari Exynos 990 masih tertinggal jauh dari chipset besutan Qualcomm ini.

Akan tetapi akan sangat menarik jika Samsung behasil merilis prosesor Exynos khusus untuk perangkat PC Windows. Disini Samsung sekali lagu akan kembali bersaing dengan Qualcomm yang juga sudah lebih dahulu merilis chipset khusus perangkat All Connected PC.

Beberapa chipset PC yang diluncurkan oleh Qualcomm antara lain seperti Snapdragon 7c, Snapdragon 8c dan Snapdragon 8cx. Samsung sendiri juga punya perangkat laptop berbasis Windows yaitu Galaxy Book S.

{Baca Juga: Samsung Exynos 880 Meluncur dengan Modem 5G Terintegrasi}

Exynos bukanlah chipset yang jelek, soal efisiensi daya dan juga konektivitas, chipset ini boleh dibilang sangat mumpuni. Meskipun untuk performa komputasi dan grafis masih sedikit dibawah Snapdragon milik Qualcomm.

Beberapa waktu lalu, dikabarkan bahwa Samsung menjalin kemitraan dengan AMD untuk menghadirkan Radeon GPU ke chipset mobile-nya. Bukan tidak mungkin, chipset Exynos terbaru yang dikhususkan untuk PC ini bakal membawa GPU AMD yang tentunya memiliki performa tinggi.

Sementara untuk chipset Exynos kelas menengah, sepertinya tidak ada komplain dari para pengguna Samsung. Bahkan chipset 5G menengah terbarunya yaitu Exynos 880 5G, telah digunakan pada beberapa perangkat vivo, seperti vivo Y70 dan Y51s.

Dengan chipset tersebut, vendor smartphone bisa menawarkan konekitvitas 5G dengan ongkos yang lebih murah. Pun meski teknologi 5G secara  ketersediaan memang masih terbatas di beberapa negara. [IR/IF]

SourceSamMobile

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -