Robot untuk Perawatan Medis Tentara Disiapkan Terjun ke Pertempuran

Telset.id, Jakarta – Seorang peniliti dari Inggris sedang mengembangkan robot untuk melakukan perawatan medis para tentara selama di medan pertempuran.

Mungkin robot seperti ini sudah sering kita lihat di film-film perang fiksi ilmiah dengan menggunakan mesin AI, tetapi robot yang dikembangkan ini akan diaplikasikan jauh lebih manusiawi.

Para peniliti di Universitas Sheffield sedang mengerjakan sistem telepresensi untuk merawat personel militer selama pertempuran.

BACA JUGA:

Pemimpin proyek Sanja Dogramadzi di Departemen Kontrol Otomatis dan Teknik Sistem Universitas Sheffield, melihat inisiatif ini sebagai tindakan penyelamatan jiwa.

“Mengembangkan sistem robot yang dioperasikan dari jarak jauh akan secara signifikan meningkatkan keselamatan dengan mengurangi jumlah bahaya yang dihadapi personel militer di garis depan” kata Sanja.

Rencananya, petugas medis di luar lokasi akan mengenakan headset realitas virtual dan mengendalikan robot medan perang. Mesin tersebut dapat mengidentifikasi tanda vital pasien dengan menggunakan teknologi yang sama seperti operasi robotik

Saat ini, para tentara yang sedang terluka sering kali harus menemui teknisi medis dengan sumber daya yang terbatas. Paramedis ini sering melakukan pekerjaan mereka dengan risiko pribadi yang signifikan, dan jika ada penyakit menular dan kemungkinan terkontaminasi merupakan risiko bagi orang lain juga.

Jika pasien membutuhkan perawatan lebih lanjut, memindahkan mereka ke lokasi yang aman dengan sumber daya yang tepat dapat memakan waktu berjam-jam atau berhari-hari.

Sistem telpresensi yang direncanakan akan memungkinkan teknisi medis untuk bekerja di luar lokasi, menggunakan robot untuk mengumpulkan data seperti suhu atau tekanan darah pasien.

Misalnya, mesin dapat mengambil swab mulut dan mengambil sampel darah dari lengan pasien. Selain itu, dapat mengirim foto dan video cedera pasien ke pekerja medis di luar lokasi, dan memungkinkan mereka untuk menilai kondisi pasien dan bahkan mungkin merawat pasien dari jarak jauh.

BACA JUGA:

Sepertinya teknologi itu bisa juga diterapkan di lingkungan masyarakat umum selain untuk para tentara, karena masyarakat umum juga sangat memerlukan teknologi untuk pertolongan medis secara cepat.

Well, bisa kita lihat nanti bagaimana robot untuk perawatan medis ini dikembangan dan kapan akan dirilis nantinya. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0