Canggih! Gerakan Robot Optimus Tesla Terbaru Mirip Manusia

Telset.id, Jakarta –  Tesla saat ini telah memperlihatkan generasi kedua  dari robot bernama Optimus melalui sebuah video baru yang menunjukan robot bisa berjalan dengan stabil seperti manusia.

Dari video tersebut, terlihat bahwa mesin humanoid generasi kedua tersebut telah mendapatkan peningkatan dari segi ketangkasan, jika dibandingkan dengan robot Optimus generasi sebelumnya.

Sebagai gambaran, seri robot buatan Tesla generasi sebelumnya terlihat kesulitan untuk berjalan selama demo berlangsung, tetapi model terbaru ini mampu bergerak lebih luwes berkat, aktuator dan sensor rancang perusahaan.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, berdasarkan laporan dari Engadget, Milan Kovak yang mengerjakan proyek robot Optimus dari Tesla ini memastikan di akun Twitter X-nya bahwa robot versi terbaru ini direkam secara real-time dan tidak menggunakan CGI.

Untuk mencapai kemampuan bergerak yang mirip manusia, robot ini memiliki leher yang dapat digerakan dengan dua derajat secara bebas dan diklaim mampu berjalan 30% lebih cepat dalam berjalan dengan meniru gerakan kaki manusia dibandingkan seri sebelumnya.

Dari segi tampilan robot Optimus generasi kedua ini memiliki desain yang lebih ramping dan perusahaan milik Elon Musk mengklaim ini mampu mengurangi berat robot hingga 10 kilogram tanpa harus mengorbankan fungsionalitas apapun.

Tesla mengatakan bahwa model ini telah memiliki peningkatan dari segi keseimbangan dan kontrol seluruh tubuh, yang mana dalam video tersebut terlihat robot mampu jongkok dan berdiri dengan mudah.

Salah satu peningkatan terbesar di robot ini adalah, di bagian tangannya, Tesla menjelaskan robot ini memiliki 11 derajat dan dapat bergerak lebih cepat dengan menangani berbagai objek dengan lebih waspada.

Secara mekanis, memang robot ini terlihat lebih baik dibandingkan seri sebelumnya, tetapi jika robot ini dipakai untuk menunjang kegiatan sehari-hari, robot ini harus memiliki sistem yang kuat, yang mungkin membutuhkan kecerdasan buatan agar bisa beroperasi dengan aman dan mandiri.

Meski begitu, robot Optimus tersebut masih dalam pengembangan sehingga ketersediaan untuk publik mungkin masih membutuhkan waktu lebih lama dan bahkan bertahun-tahun lagi untuk dipakai secara umum. 

BACA JUGA:

Perlu dicatat, Tesla saat ini mengalami masalah dengan fitur AI di mobil buatannya, yang membuat perusahaan tersebut menarik semua mobil yang dikirim di wilayah Amerika Serikat untuk memperbaiki masalah sistem Autopilot.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI