telset

Robot Sinar UV Musnahkan Virus Corona di Mal Singapura

Telset.id, Jakarta  – Sebuah Mall di Singapura memanfaatkan robot pintar bersinar ultraviolet (UV) untuk memusnahkan virus corona. Robot sinar UV itu memberangus virus corona di celah-celah sulit terjangkau.

Selama ini, orang-orang menerapkan metode penyemprotan disinfektan untuk menekan penyebaran virus corona. Namun, Singapura pilih memakai robot bersinar UV untuk mematikan virus corona di pusat perbelanjaan.

{Baca juga: Pasien Covid-19 yang Kambuh Lagi, Cuma “Positif Palsu”}

Menurut Derrick Yap dari firma PBA Group, Sunburst UV Bot memusnahkan virus corona di udara, bahkan tempat-tempat tersembunyi. Kendati begitu, ia menegaskan bahwa pemakaiannya harus ketika tidak ada orang-orang.

“Robot sinar UV tidak boleh digunakan ketika ada manusia di sekitarnya. Sebab, jenisnya radiasi ultraviolet gelombang pendek. Sinar UV bisa berbahaya bagi kulit dan mata sehingga penggunaannya harus tepat,” jelas Yap.

Sunburst UV Bot berbentuk seperti sekelompok lampu neon yang ditata berjejer di atas tempat beroda. Sunburst UV Bot sekarang masih dalam tahap uji coba oleh Frasers Property Retail, dipakai setelah waktu penutupan mal.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Jumat (22/5/2020), Sunburst UV Bot melakukan siklus pembersihan secara otonom dan mengisi ulang sendiri sesudahnya. Sunburst UV Bot diyakini efektif mematikan virus.

{Baca juga: Obat Covid-19 Ditemukan, Tapi Punya Efek Samping}

Hanya satu Sunburst UV Bot yang menjalani uji coba. Frasers Property Retail akan menerapkannya di di banyak tempat lain di Singapura. Untuk menggunakannya, pihak mal harus menyewa. Sunburst UV Bot bisa dipakai di rumah sakit. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0