Pisah dengan iPhone Bisa Bikin Bodoh?

Kecanduan ponsel 3JAKARTA – Sebuah hasil studi dari Universitas Missouri, Amerika Serikat menyebutkan bahwa berpisah dengan iPhone bisa menimbulkan penurunan performa kognitif dalam tes tertentu. Benarkah?

Russel Clayton sebagai pimpinan studi mengatakan bahwa penemuan mereka menyebutkan bahwa berpisah dengan iPhone kesayangan bisa memberikan dampak negatif ke kesehatan mental penggunanya. Bukan hanya otak yang mulai malfungsi tetapi juga hal lain.

“Hasil studi kami menyimpulkan bahwa iPhone bisa jadi ekstensi tubuh, sehingga jika berpisah sama halnya berpisah dengan bagian tubuh dan akan ada efek negatif secara psikologis,” kata Clayton, dikutip dari Cnet, Senin (12/1/2015).

Dalam sebuah tes, peneliti memisahkan pengguna iPhone dan ponselnya. Dan ponsel tersebut berdering. Dan para subjek yang sedang mengerjakan puzzle materi merasa bingung dengan ketiadaan ponsel mereka yang berdering.

Hal ini sebenarnya juga terasa di keseharian kita yang merasa bingung jika ponsel kita ketinggalan, bukan? Apakah itu artinya revolusi teknologi membuat kita sebagai manusia semakin tergantung pada gadget? [AI/HBS]

 

 

 

SourceCnet

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI