Home NEWS Pendapatan XL Axiata Meningkat 10% di Semester 1 2020

Pendapatan XL Axiata Meningkat 10% di Semester 1 2020

Telset.id, Jakarta – XL Axiata berhasil mempertahankan tren positif selama pandemi Covid-19. Pada semester 1 2020, pendapatan XL meningkat 10% atau menjadi Rp 12,13 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Minggu (30/8/2020), pada semester 1 2020 ini, layanan data menyumbang kontribusi yang besar atas meningkatnya pendapatan XL Axiata di tahun ini.

Pendapatan data mengalami peningkatan 15% selama semester 1 2020 atau mampu memberikan kontribusi terhadap total pendapatan layanan perusahaan sebesar 91%.

XL Axiata Berhasil Meraih EBITDA 6,49T

Pada periode ini, XL Axiata juga berhasil meraih EBITDA Rp 6,49 triliun atau lebih tinggi 37% dibandingkan perolehan semester yang sama di tahun lalu. Hal ini juga diiringi dengan laba bersih setelah pajak yang cukup tinggi yakni tercatat Rp 1,7 triliun.

{Baca juga: Direktur & Chief Finance Officer XL Axiata Mengundurkan Diri}

Menurut Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, selama pandemi Covid-19 kebutuhan masyarakat terhadap akses internet memang sangat besar.

Tingginya kebutuhan akses internet secara tidak langsung berdampak pada peningkatan trafik dan pendapatan perusahaan yang identik dengan warna biru tersebut.

“Harus kita akui bahwa meluasnya kebutuhan masyarakat atas akses internet untuk mendukung aktivitas bekerja dan belajar telah menolong XL Axiata selama masa pandemi Covid-19. Trafik pemakaian data memang menjadi meningkat terutama di bulan-bulan awal masa pandemi,” ujar Dian.

{Baca juga: Live Streaming 17 Jam, XL Axiata Sukses Raih Rekor MURI}

Namun peningkatan akan kebutuhan internet dan pandemi Covid-19 juga menjadi tantangan bagi XL Axiata.

Pandemi ini membuat daya beli masyarakat berkurang, sehingga XL Axiata harus tetap bersiap menghadapi situasi apapun.

“Kita belum tahu sampai kapan wabah ini akan berakhir, sehingga kedepan tentunya tantangan dan tekanan yang akan dihadapi industri telekomunikasi termasuk XL Axiata tentunya masih akan berat,” tambah Dian.

Bukan cuma pendapatan yang naik, XL Axiata juga berhasil mempertahankan jumlah pelanggan. Per semester 1 2020 atau akhir kuartal kedua 2020 ini, jumlah pelanggan meningkat tipis menjadi 55,67 juta dari 55,49 di kuartal sebelumnya.

{Baca juga: XL Axiata Hadirkan VoLTE di Indonesia Secara Bertahap}

Untuk rerata pendapatan per pengguna atau ARPU periode kuartal ini, ada di angka Rp 36 ribu untuk prabayar dan Rp 111 ribu untuk pascabayar. (NM/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version