Operator Adu Cepat di Jalur Tol Cipali

 

BTS XL di tol Cipali
Petugas XL bangun BTS di jalur Tol Cipali (xl)

XL Tancapkan 170 BTS di Sepanjang Tol Cipali

Selain Telkomsel, operator lainnya yang juga telah menyiapkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol Cipali adalah XL Axiata. Setidaknya 170 BTS XL telah beroperasi melayani masyarakat yang melintas di sekitar jalan tol tersebut. Selain itu, XL juga telah menempatkan BTS di sepanjang jalan tol Gempol – Pandaan, Jawa Timur.

“Keberadaan jalan tol Cipali sangat strategis bagi lalu-lintas orang dan barang di Pulau Jawa. Jalan ini akan menjadi pilihan utama siapa saja yang akan melintasi Pantura,” kata Direktur dan Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan.

Karena itu, XL juga memprioritaskan pemasangan infrastruktur jaringan yang memadai di sepanjang jalan bebas hambatan ini, dan dia memastikan puluhan BTS sudah bisa melayani pelanggan sejak pertama kali jalan ini dibuka untuk dilintasi.

Ongki menambahkan, rata-rata kualitas jaringan XL di sepanjang tol Cipali cukup baik. Sekitar 50 persen telah terlayani oleh jaringan 3G. Sementara ruas jalur yang tidak mendapatkan layanan 3G, terlayani oleh jaringan 2G dengan kualitas yang baik. “Ke depan, XL akan terus meningkatkan kualitas jaringan di sana,” ujarnya.

Sementara itu, guna mengantisipasi lonjakan trafik saat musim pulang kampung menjelang Lebaran, XL sudah menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya adalah menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali. Selain itu, juga ada tambahan sedikitnya 22 BTS 3G yang akan siap melayani pelanggan sebelum musim mudik Lebaran.

Selain di Cipali, XL juga sudah menempatkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol baru lainnya, yaitu Tol Gempol – Pandaan di Jawa Timur. Pada jalan bebas hambatan sepanjang 13,6  km tersebut, XL menempatkan sedikitnya 18 BTS. Jalan ini akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya – Malang, yang selama ini dikenal dengan rawan macetnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah jalur utama mudik, baik di Jawa maupun di pulau-pulau utama lainnya dengan menguji kesiapannya. Uji jaringan atau network drive test dilakukan untuk mengetahui kekuatan sinyal, kualitas jaringan, dan kualitas layanan di suatu tempat.

Saat ini XL telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (4G/3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI