Operator Adu Cepat di Jalur Tol Cipali

BTS Telkomsel di tol Cipali
Tim Telkomsel saat melakukan Drive Test di sepanjang jalur Tol Cipali (tsel)

JAKARTA  – Presiden Jokowi baru saja meresmikan beroperasinya jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Keberadaan tol terpanjang di Indonesia ini mengundang sejumlah operator telekomunikasi berlomba menancapkan Base Transceiver Station (BTS) di jalan sepanjang 116.75 kilometer itu.

Jalan tol Cipali yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Jawa Barat itu disambut gembira para pengguna jalan, karena dapat memangkas waktu perjalanan yang biasanya harus ditempuh dalam waktu 5 jam, menjadi hanya 2,5 jam.

Keberadaan tol Cipali diperkirakan akan menjadi salah satu jalur mudik terpadat, karena bentang jaraknya yang sangat panjang melewati beberapa wilayah. Hal inilah yang mengundang para operator telekomunikasi berlomba menggelar BTS di sepanjang jalur tersebut.

Ada dua operator yang telah memastikan jaringannya tersedia di sepanjang jalur tol Cipali, yakni Telkomsel dan XL Axiata. Kedua operator papan atas ini menyatakan telah menggelar BTS milik mereka dan mengklaim jaringannya siap melayani pelanggan di jalur tersebut, terutama dalam menyambut lonjakan trafik selama Ramadhan.

Dalam keterangannya, Telkomsel menyatakan telah menggelar 100 BTS, termasuk Compact Mobile Base Station (Combat) dengan teknologi 2G maupun 3G di sepanjang jalur tol Cipali.

Menurut Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi, bahwa Telkomsel telah menggelar drive test atau uji jaringan sinyal di jalur mudik utama Jabotabek Jabar melewati tol Cipali. Rute yang diambil mencakup Jakarta-Cirebon-Kuningan-Ciamis-Tasikmalaya-Garut dan berakhir di kota Bandung.

“Kami sengaja melewati jalur tol Cipali yang tentunya akan menjadi jalur penting di musim mudik tahun ini. Hal ini kami lakukan untuk memastikan kesiapan jaringan melayani lonjakan trafik komunikasi selama bulan Ramadhan dan Lebaran,” terang Venus.

Disepanjang jalur mudik utama Jabotabek Jabar mulai dari Merak – Cikopo – Palimanan – Pejagan, Telkomsel menggelar 1.300 BTS. “Melihat peta digital, update traffic lalu lintas, akses social media, maupun streaming video akan banyak menjadi aktivitas pelanggan di saat mudik tersebut,” papar Venus.

Pada masa Ramadhan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa. Lonjakan trafik akan terjadi terutama pada layanan SMS sekitar 10% – 20% mencapai 1.15 miliar SMS, dan layanan Data melonjak antara 20% – 25% menembus 1.6 juta Giga Byte.

Hingga saat ini Telkomsel telah memiliki 95,000 BTS di seluruh Indonesia, dimana sekitar 50% diantaranya merupakan BTS 3G yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).

Kesiapan akan layanan data juga termasuk pada layanan Telkomsel 4G LTE, dimana saat ini telah didukung oleh lebih dari 1000 eNode B (BTS 4G) yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Saat ini secara nasional pelanggan 4G Telkomsel telah menembus angka 500 ribu.

Lanjut ke halaman berikutnya..>>

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI