Mudik Lebaran, Smartfren Prediksi Trafik Data Naik 25%

VP Technology Relations and Special Project Smarften, Munir SP/Naufal Telset.id

Telset.id, Jakarta – Tradisi mudik lebaran mulai berlangsung dan semakin ramai menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. PT Smartfren Telecom memprediksi jika selama mudik dan hari raya, trafik data di jaringan mereka akan naik sekitar 20% hingga 25%.

Menurut VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir SP kegiatan mudik lebaran dan perayaan hari raya idul fitri berdampak pada jumlah trafik data. Tidak seperti hari-hari biasa, pada pekan tersebut terjadi kenaikan trafik di jaringan mereka.

“Estimasi kita tahun ini lebih banyak lagi. Sehingga kenaikan trafik kita prediksi sekitar 20% sampai 25%,” kata Munir di Jakarta, Selasa (21/05/2019).

{Baca juga: Smartfren Targetkan 30 Juta Pelanggan Sampai Akhir Tahun}

Smartfren menyatakan siap untuk menghadapi kenaikan trafik dan memberi layanan maksimal bagi pengguna. Salah satu caranya adalah penambahan kapasitas jaringan.  Menurut Munir di tahun 2019 ini pihaknya akan melakukan penambahan rata-rata 30% di seluruh area publik, jalan transportasi dan kota-kota tujuan mudik.

“Kapasitas kita tambahkan coverage 30%. Tahun kemarin sekitar 15% dan tahun ini 30%,” ucap Munir.

Smartfren juga mempersiapkan tim Task Force lapangan dengan jumlah 200 tim. Selain itu Smarfren akan melakukan monitoring melalui Network Operations Center (NOC) yang berada di Jakarta dan Surabaya.

“Pemantauan dilakukan diseluruh jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan. Pelanggan Smartfren tidak perlu khawatir untuk menikmati layanan Smartfren selama mudik dan hari raya lebaran 2019,” tambah Munir.

{Baca juga: Cukup Isi Pulsa, Smartfren Kasih Bonus Kuota 360 GB}

Smartfren juga menambah infrastruktur untuk menjaga kualitas jaringan. Munir mengatakan jika telah disiapkan 180 lebih Cell on Wheel (COW) atau kendaraan mobile site yang di rancang untuk menjaga kualitas jaringan.

Nantinya ratusan COW akan ditempatkan di Jawa dan pulau-pulau lain yang menjadi kota tujuan para pemudik. “180 lebih COW akan dioperasikan di seluruh rute mudik, area konsentrasi mudik dan kota tujuan,” ujar Munir. [NM/HBS]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here