YouTube Down Lagi, Twitter Banjir Tagar #YouTubeDOWN

Stempel Waktu Youtube
YouTube sedang uji coba fitur Stempel Waktu. (Foto: YouTube)

Telset.id, Jakarta – Tagar #YouTubeDOWN mendadak trending di Twitter setelah layanan streaming video milik Google tersebut tidak bisa diakses sama sekali. Sebagai pemberitahuan, YouTube hanya menulis pesan “ada masalah pada server”

Berdasarkan pantauan tim Telset.id, YouTube ternyata bukan satu-satunya layanan Google yang diketahui down malam ini. Pengguna juga tidak bisa menerima atau mengirim pesan melalui Gmail. Pun demikian mengakses Google Docs.

YouTube down sekitar pukul 18.45 dan sontak memicu kegelisahan banyak netizen. Semua mengeluhkan kejadian ini.

{Baca juga: YouTube Down, Netizen Indonesia Langsung “Curhat” di Twitter}

Gangguan yang dialami YouTube juga tampaknya bukan cuma dirasakan oleh pengguna di Indonesia, tetapi juga belahan dunia lainnya, termasuk India.

Menurut situs downdetector, hampir semua layanan Google tampaknya terpengaruh. Ini termasuk Google Drive, Hangouts, Meet, dan Play.

Sebelumnya, gangguan serupa juga sempat dialami YouTube pada Mei lalu. Seperti malam ini, kala itu netizen tanah air pun menyerukan tagar #YouTubeDown di Twitter.

Hingga berita ini diturunkan, masih berdasarkan pantauan dari Trends24, tagar #YouTubeDown menduduki peringkat pertama mengalahkan tagar-tagar lain seperti Google, #UCLDraw dan Gmail.

Sempat Gangguan, YouTube Minta Maaf ke Pengguna

Pada November lalu, YouTube minta maaf atas gangguan yang sempat terjadi pada layanannya. Kala itu, layanan streaming video milik Google mengalami gangguan selama beberapa saat, sebelum akhirnya kembali normal dan memungkinkan pengguna dapat menonton video seperti biasa.

Pada 12 November 2020, tepatnya pukul 07.23 WIB, YouTube telah mengonfirmasi perihal gangguan layanannya melalui akun Twitter @TeamYouTube.

{Baca juga: YouTube Uji Tombol “Stempel Waktu” untuk Berkomentar}

Lewat medsos, YouTube mengatakan sedang melakukanperbaikan dan akan menyelesaikannya dengan cepat.

“Jika saat ini Anda mengalami masalah saat menonton video di YouTube, Anda tidak sendirian – tim kami telah mengetahui masalah tersebut dan berupaya memperbaikinya. Kami akan menindaklanjuti di sini dengan pembaruan apa pun,” cuit YouTube.

Penjelasan YouTube direspon para pengguna. Cukup banyak warganet yang mengira kalau gangguan di YouTube hanya terjadi kepada dirinya saja.

“Terima kasih telah memperbaiki ini! Saya pikir saya sendirian mengalami masalah ini,” kata @intassaf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here