YouTube Down, Netizen Indonesia Langsung “Curhat” di Twitter

YouTube Down

Telset.id, Jakarta – YouTube dilaporkan mengalami gangguan atau down. Netizen pun akhirnya “curhat” di media sosial terkait hal ini, dan menyerukan tagar #YouTubeDown di Twitter.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id dari situs Down Detector pada Jumat (15/05/2020), YouTube mengalami down sekitar pukul 06.21 WIB.

Di waktu tersebut, terdapat lebih dari 4 ribu laporan YouTube down. Sebagian besar keluhan (73%) tidak bisa menyaksikan video. Sementara sisanya, tidak dapat mengakses situs YouTube dan tidak dapat login ke akun mereka.

YouTube Down

Gangguan pada Youtube direspon netizen dengan tagar #YouTubeDown. Berdasarkan pantauan dari Trends24, tagar #YouTubeDown menduduki peringkat pertama mengalahkan tagar-tagar lain seperti #MahasiswaLagiNgapain, #JumatBerkah dan #Sleman104Th.

{Baca juga: Cara Mematikan Restricted Mode di YouTube}

Tagar #YouTubeDOWN

Lewat tagar tersebut, netizen mengeluh tidak dapat nonton video di layanan streaming milik Google tersebut. Akun @jalesvevads misalnya, yang merasa sedih karena tidak bisa mengakses Youtube.

Waiya bener #YoutubeDown , pantes ajaaa gabisa,” cuit @jalesvevads. 

Netizen dengan akun @nicoqwinn pun mengaku adanya gangguan di Youtube. Pasalnya, ia sama sekali tidak dapat mengakses video favoritnya.

Pantesan mau nonton Edho Zell malah Error servernya #YouTubeDown,” cuit @nicoqwinn.

{Baca juga:Ikuti Pedoman WHO, YouTube Hapus Video “Teori Konspirasi 5G”}

Akun @Saviraazkiya juga memberikan tangkapan layar mengenai YouTube down. Tangkapan layar itu bertuliskan kata “Ada masalah dengan server [429]” sehingga tidak bisa diakses.

“Wkwkwk kirain gw doang yang ngerasain, ternyata bnyk #YouTubeDOWN,” cuit @Saviraazkiya.

Tetapi ada juga netizen yang menepis isu terjadinya gangguan di Youtube. Misalnya, akun @Dzulkarnain_H yang mengaku masih bisa mengakses Youtube dengan normal. Bahkan menurutnya tagar #YouTubeDown cenderung keliru.

“Trending #YouTubeDOWN tapi gue buka youtube masih bisa ?? Wah blunder nih tagarnya,” cuit @Dzulkarnain_H. 

{Baca juga: YouTube Error, Tagar #YouTubeDOWN jadi Trending Topic}

Kasus ini mengingatkan kita pada tahun 2018 silam. Pengguna YouTube di sejumlah negara termasuk Indonesia mengeluhkan tidak bisa mengakses dan menikmati video di YouTube sejak pagi, Rabu (17/10/2018). Alhasil, saat itu topik mengenai YouTube error pun jadi viral di jagat media sosial. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here