Unity Umumkan Inovasi Teknologi AI Baru, Ada Unity 6 dan Unity Muse

Telset.id, Jakarta – Unity mengumumkan peluncuran beberapa teknologi AI dengan inovasi terbaru, Unity Muse yang diberikan untuk meningkatkan pengembangan game dengan kualitas yang lebih baik.

Bagi yang belum tahu, Unity merupakan platform atau engine untuk mengembangkan konten dengan tampilan 3D secara real-time, salah satu yang paling umum menggunakan teknologi ini adalah video game.

Dalam keterangan resmi yang diterima Telset, peluncuran ini mencakup ketersediaan akses awal Unity Muse, rangkaian fitur bertenaga AI untuk mempermudah pembuatan konten, tampilan awal Unity 6, sebuah software baru yang akan rilis tahun 2024, dan juga Unity Cloud untuk membantu pengembang mengelola konten di berbagai tahapan.

BACA JUGA:

Di tahun ini, Unity juga telah mengumumkan platform AI lainnya dalam tahap beta tertutup, yaitu Unity Muse dan Unity Sentis. Kini, Unity Muse, telah diluncurkan untuk akses awal dengan berbagai rangkain fitur yang semakin beragam.

Fitur yang hadir di Unity Muse antara lain Muse Chat untuk menemukan jawaban dan sumber daya dalam Unity dan mendapatkan kode yang sesuai, Muse Sprite untuk membuat sprite 2D dan berbagai variasinya, Muse Texture untuk membuat tekstur berkualitas tinggi yang mendukung 2D dan 3D.

Sprite dan Texture telah didukung oleh rancangan model pembelajaran mendalam kustom yang dilatih sepenuhnya menggunakan data dan gambar yang dimiliki atau telah dilisensikan oleh Unity. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan dataset tidak berisi orang, logo, atau gaya artistik yang mudah dikenali.

Nantinya, Unity Muse akan tersedia sebagai produk mandiri dengan harga $30 per bulannya. Ketika melakukan pembelian pelanggan juga akan mendapatkan akses priortias ke fitur baru yang belum dirilis.

Sebagai contoh, Muse Animate, yang memungkinkan pengembang untuk menggerakkan karakter tanpa kode; Muse Behavior, yang memungkinkan pengembang untuk merancang interaksi karakter; dan Muse Sketch, kanvas 3D untuk pembuatan prototipe cepat serta kolaborasi tim.

Unity Muse sendiri diklaim mampu membantu memudahkan cara kerja pengembang, sedangkan Unity Sentis memungkinkan pengembang menghubungkan model data AI yang kompleks ke dalam Unity Runtime, untuk membantu menyelesaikan tugas yang rumit dan membuat fungsi baru dalam game, berkat kemampuan teknologi AI.

Untuk Unity Sentis, saat ini sedang dalam tahap beta terbuka, dan direncanakan perusahaan akan diluncurkan untuk pengguna umum bersama dengan Unity 6 pada tahun 2024 nanti, meskipun belum diketahui detail tanggalnya..

Selain itu, Unity 6 diklaim mampu menghadirkan visual canggih dengan peningkatan performa substansial, perancangan dan pengembangan game multipemain yang lebih cepat, dan kemampuan untuk membantu pengembang memaksimalkan potensi dengan dukungan AI, fitur mobile mutakhir, dan dukungan perangkat VR yang inovatif.

Marc Whitten President Create Unity mengatakan bahwa umpan balik dari para pengembang menjadi fokus utama kami. Pengembang menyampaikan pengalaman terbaik mereka terhadap fitur dan layanan kami, serta hal-hal yang perlu ditingkatkan

“Di Unity 6, umpan balik berfokus pada peningkatan performa dan alur kerja. Sedangkan bagi AI, kami berupaya memastikan pengembang memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk membuat lebih banyak konten dengan lebih cepat. Kami ingin menjadi mitra yang memenuhi kebutuhan kreator di setiap siklus hidup pengembangan game mereka,” ujar Marc.

Tidak hanya itu saja, Unity juga memperkenalkan Unity Cloud, sebagai rangkaian alat baru untuk mendukung kerja sama antar pengembang, pengelolaan konten di berbagai proyek dan tahap pengembangan, serta mengurangi kerumitan dalam siklus hidup pengembangan.

Layanan ini telah tersedia untuk akses awal, dan menawarkan kemampuan untuk kolaborasi, manajemen aset, dan administrasi tim. Integrasi antara Asset Manager, Version Control, dan Unity Editor ini mempermudah alur kerja antar tim dan di sepanjang proyek.

BACA JUGA:

Semua pelanggan Unity Personal, Pro, Enterprise dan Industry kini dapat mengakses Unity Cloud secara langsung dalam program akses awal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI