Wajib Tahu! Tips Jualan Online ala Tokopedia, Biar Gak Langgar HKI

Telset.id, Jakarta – Tokopedia memandang penting bagi para pelaku usaha mengetahui dan menaati aturan terkait HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Tokopedia telah berkomitmen untuk melakukan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual di seluruh ekosistemnya.  

Pengetahuan tentang aturan terkait HKI wajib diketahui oleh para pelaku usaha, agar mereka tidak mengalami penghapusan produk, pelarangan penjualan, bahkan moderasi toko. 

Tokopedia mencatat adanya peningkatan jumlah moderasi toko yang melanggar HKI mencapai lebih dari 2,5 kali lipat. Aturan HKI ini wajib diketahui para pelaku usaha, karena sudah diatur dalam undang-undang.

Mengutip situs Kemenperin RI, HKI bisa diartikan sebagai hak atas kekayaan yang timbul/lahir karena kemampuan intelektual manusia. Karya intelektual – di bidang ilmu pengetahuan, seni, sastra ataupun teknologi – dilahirkan dengan pengorbanan tenaga, waktu bahkan biaya. 

BACA JUGA:

“Sangat penting bagi para pelaku usaha untuk menaati aturan terkait HKI agar tidak mengalami penghapusan produk, pelarangan penjualan hingga moderasi toko oleh Tokopedia,” jelas AVP of Risk Management Tokopedia, Bagas Dhanurendra.  

Tokopedia sendiri sejak Oktober 2022 lalu telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dalam hal perlindungan Kekayaan Intelektual. Penandatanganan kerja sama itu menjadikan Tokopedia sebagai marketplace pertama di Indonesia yang berkomitmen mendukung perlindungan Kekayaan Intelektual.

Sebagai bentuk dukungannya, platform belanja online yang menjadi rumah bagi sekitar 12 juta penjual ini pun membagikan tips bagi para pelaku usaha agar bisa berjualan dengan aman dan nyaman, tanpa melanggar HKI. Berikut tipsnya:

1. Hindari menjual produk palsu atau bajakan

Pelaku usaha sebaiknya memastikan keaslian produk yang dijual karena menjual produk palsu/bajakan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HKI. Para pelaku usaha, khususnya pemegang HKI, dapat bergabung dengan Tokopedia Brand Alliance Program untuk memperkuat perlindungan HKI di Tokopedia sekaligus memerangi pemalsuan produk. 

Lewat program tersebut, pelaku usaha bisa mendapatkan sederet manfaat, misalnya bisa meninjau laporan pemalsuan produk secara langsung di dashboard khusus, jangka waktu proses penghapusan produk palsu lebih cepat, mengakses fitur khusus untuk menganalisis laporan dan terlibat dalam diskusi HKI yang konstruktif.

2. Jangan pakai foto atau gambar dari brand lain tanpa izin

Untuk menghindari pelanggaran HKI, gunakan foto atau gambar asli dari produk yang dijual, atau yang memiliki izin dari pemilik hak cipta dan merek. “Tokopedia pun memiliki Tim Perlindungan HKI yang melakukan pemantauan terhadap pelanggaran HKI guna memastikan produk yang beredar sesuai dengan ketentuan HKI,” jelas Bagas.

3. Jangan gunakan merek pada judul dan deskripsi produk tanpa izin

Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dan membuat pembeli merasa aman dan nyaman berbelanja di toko para pelaku usaha. Tokopedia pun terus meninjau para penjual, khususnya Official Store, mulai dari pendaftaran akun dan produk guna menghindari pelanggaran HKI.

Tokopedia terus berupaya meningkatkan kemampuan mendeteksi pelanggaran HKI. Sistem Tokopedia akan secara proaktif memblokir daftar produk yang melanggar sekaligus menandai kasus yang dicurigai untuk diselidiki lebih lanjut. Tokopedia mencatat tindakan proaktif terhadap produk yang melanggar HKI meningkat sebesar hampir 5 kali lipat.

4. Laporkan bila menemukan pelanggaran HKI

Pelaku usaha, khususnya pemegang HKI, dapat melaporkan pelanggaran lewat Portal Pelaporan HKI dan meninjau status serta respon terhadap laporannya. Diungkapkan Bagas, di Tokopedia hampir 100% laporan pelanggaran HKI yang diterima berhasil ditangani.

5. Kenali regulasi perlindungan HKI

Agar dapat melakukan aktivitas jual-beli dengan aman tanpa melanggar HKI, pelaku usaha juga bisa mengakses Pusat Edukasi Seller untuk memperoleh informasi seputar HKI sekaligus konsekuensi ketika melakukan pelanggaran.

Nah, itu tadi tips dari Tokopedia bagi para pelaku usaha UMKM agar bisa berjualan dengan aman dan nyaman, tanpa melanggar HKI. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI