Senator AS Ungkap Aksi NSA yang Beli Data Pribadi dari Hacker

Telset.id, Jakarta – Salah seorang Senator di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa NSA atau Badan Keamanan Nasional AS telah membeli data pribadi milik masyarakat dari hacker.

Saat ini, privasi data pribadi sangat rentan untuk dicuri. Pasalnya hampir semua produk serta layanan yang kita gunakan menyimpan data pribadi, yang biasanya digunakan untuk iklan yang dipersonalisasi hingga hal lainnya.

Namun, hal yang paling penting adalah apakah data yang kita berikan kepada perusahaan bisa dijaga dengan baik, untuk mengatasi pencurian hingga penjualan data. Nyatanya, perusahaan kerap kali gagal melindungi data pribadi.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari Gizmochina pada Rabu (31/01/2024), Senator AS Wyden Letter telah mengatakan bahwa Badan Keamanan Nasional AS (NSA) telah membeli data masyarakat dari pialang data yang memperolehnya dari hacker.

Menurut surat dari Senator Ron Wyden, NSA membeli informasi tentang warga AS, dan mengumpulkan catatan internet, yang termasuk situs web yang dikunjunginya serta aplikasi yang digunakan.

Tidak hanya itu saja, ada juga data dari panggilan telepon, email, riwayat pencarian internet, aktivitas media sosial, hingga data lokasi yang dikunjungi.

Isu jual beli data sendiri sebenarnya bukan lagi cerita baru, bahkan bukan suatu hal yang mengejutkan. Sebagai pengingat, Edward Snowden juga pernah mengatakan NSA membeli data pribadi masyarakat dari broker data pada tahun 2013 silam.

Snowden mengklaim bahwa NSA menggunakan data tersebut untuk melakukan pendataan profil individu di seluruh dunia, termasuk warga negara Amerika. Lalu, pernyataan Senator Ron Wyden juga semakin memperkuat hal ini.

BACA JUGA:

Meski begitu, masih belum diketahui pasti dari siapa data tersebut diperoleh atau dalam kondisi apa data tersebut dibeli. Senator Ron Wyden telah mengangkat isu ini dan meminta pemerintah menghentikan praktik ini. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI