telset

Daftar Provider Internet Tercepat di Indonesia, Siapa Teratas?

Telset.id, Jakarta – Sebuah laporan mengenai provider internet tercepat dirilis Speedtest baru-baru ini. Dan itu termasuk penyedia layanan internet di Indonesia. Nah, kira-kira siapa ya provider internet tercepat di tanah air?

Speedtest Intelligence baru-baru ini mengumumkan dan mengeluarkan daftar perusahaan penyedia broadband Internet tetap tercepat di Indonesia.

Dalam pengujian ini, Biznet berhasil menduduki peringkat teratas sebagai provider dengan broadband Internet tercepat berdasarkan Speed Score tertinggi di angka 33.99.

Provider Internet Tercepat di Indonesia

provider internet tercepat indonesia
Daftar Provider Internet Tercepat di Indonesia

Daftar provider broadband Internet tercepat di Indonesia yang resmi dikeluarkan oleh Speedtest ini merupakan hasil pengujian kecepatan koneksi Internet di tanah air, yang dilakukan oleh Ookla untuk periode Q3-Q4 2020.

Pengujian kecepatan internet yang dilakukan Speedtest pada suatu negara harus memiliki setidaknya 300 hasil pengguna unik untuk seluler atau broadband tetap agar diberi peringkat di salah satu kategori.

{Baca Juga: 10 Negara dengan Internet Tercepat di Dunia, Jauh di Atas Indonesia}

Menyusul Biznet, ada My Republic yang mengantongi speed score sebesar 33.20. Perbedaan cukup besar dimiliki oleh First Media dan Telkom yang menempati peringkat ketiga dan keempat.

Pada pengujian yang dilakukan Speedtest, First Media mendapatkan skor kecepatan sebesar 14.82. Sementara untuk Telkom menyusul dengan skor 14.74.

Selain kecepatan, Speedtest juga mengukur latensi sejumlah penyedia internet. Penghitungan latensi rata-rata ini dilakukan di Indonesia selama Q3-Q4 2020. Hasilnya, My Republic menempati urutan pertama dengan latensi terendah pada 16 ms.

Walaupun menempati peringkat keempat dari segi kecepatan, namun untuk urusan latensi, Telkom berhasil menempati urutan kedua dengan latensi rendah sebesar 17 ms.

{Baca Juga: Bukan Jakarta, Ini Kota dengan Internet Paling Kencang di Indonesia}

Tempat ketiga dan keempat dalam urusan latensi dipegang oleh Biznet yang memiliki latensi 26 ms. Sementara peringkat keempat dihuni oleh First Media yang memiliki latensi 29 ms.

Speedtest juga merilis laporan kota dengan kecepatan download tercepat. Jakarta menjadi kota dengan kecepatan download tertinggi dengan 28.86 Mbps, kecepatan upload 20.28 Mbps dan latensi paling rendah dengan 16 ms.

Peringkat kedua dan ketiga disusul oleh Bekasi dan Depok. Menariknya, Depok memiliki latensi rata-rata yang sama dengan yang dimiliki oleh kota Jakarta. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0